Dan Lain Lain

Sebuah Film dan Satu Kalimat

“Saya heran dengan penulis cerita cinta. Maksud saya, apakah kita harus merasakannya dulu baru menulisnya?” – Film Ruang

Saya terus-terusan mengulang kalimat tersebut. Bagi saya sih pertanyaan nya betul. Kadang kita ga terlalu mau tau tentang seseorang yang punya karya. Termasuk sama quotes diatas. Kita hanya tau sebuah karya dari seseorang, kita hanya ikut membanggakan karya nya, dan membuat keadaan seolah-olah kita ada dalam bagian sebuah karya. Saat penulis cerita cinta menuliskan hasil nya. Kita tidak tau bagaimana tulisan itu menjelma jadi sangat indah untuk beberapa orang atau mungkin banyak orang. Kita tidak tau ide dan pandangan sang penulis mengapa dia bisa menuliskan cerita cinta begitu mengalir. Apa dia harus merasakan apa yang dia tulis.. Atau dia harus membayangkan hal-hal agar pembaca nya ikut berimajinasi.. Saya bener-bener penasaran. Saya pribadi untuk menulis puisi cinta misalnya, harus merasakannya atau saya melihat fenomena pengalaman yang terjadi di sekitar saya. Bagi saya jika tidak seperti itu, saya tidak bisa benar-benar memberi makna pada setiap kata per kata dari apa yang saya tulis. Karena bagi saya, sebenarnya orang lain bisa membaca dan mengartikan setiap puisi manapun. Tapi yang memahami sebenarnya hanya satu orang, yaitu penulis nya. Terserah atas pandangan orang dengan puisi cinta yang telah dibuat. Semua orang boleh mengartikan versi nya masing-masing.

Anyway.. Saya juga jadi penasaran sama Film Ruang. Setelah dapet info dari wikipedia tentang Film Ruang, itu adalah salah satu film tahun 2006. Cukup lama memang. Tapi saya berniat mencari dvd nya. Harus! Daaan saya semakin penasaran setelah mendapatkan satu quotes lagi dari film tersebut. Memang hanya satu kalimat seperti quotes di atas tadi, tapi benar-benar membuat saya penasaran dengan pemberian makna dan penasaran dengan film nya. Eh iya, ini quotes satu lagi nya..

“Kalau kita menerima masa lalu sepotong2, kita ga akan pernah berdamai dengan masa lalu” – Film Ruang

Leave a Reply

