Nulis Puisi

Berjejak potret

Aku membuka beberapa album bertumpuk. Tidak berdebu seperti sebuah lagu. Bersih terawat sering terlihat. Indah sekali kehidupan ini. Sebuah ikatan sedarah seperempat abad pernah terjaga. Tak mungkin bila. Aku mengatakan kehidupan selalu sebahagia lembaran demi lembaran. Setidak nya sebuah perkara dan prahara pernah terjadi. Tapi semua nya hanya perlu tau. Hanya perlu pernah ada. Tidak seharusnya merusak setiap senyuman demi senyuman di album ini.

Kecil aku, setiap langkah ku adalah potretan. Besar aku, setiap langkah ku adalah jejak mata. Terbuka semua ingatan. Ada cetakan kaki ku saat bayi dengan tinta. Ada cetakan mata terpejam dengan nyenyak. Ada cetakan bibir mencibir karena menangis. Ada cetakan tersenyum dengan gigi terawat. Kecil ku, menyukai di pangku. Semua nya memanjakan. Setiap mata kecil yang terlihat adalah benar kebahagiaan. Ceria. Lembaran hitam putih pun tak luput tersentuh. Beberapa sosok tak ku kenal. Lembaran berwarna dengan angka menjadi subjek awal mata. Benar bahwa ini lama. Seperti sebuah catatan kaki di buku. Mengingat adalah satu-satu nya yang terpilih. Segala kebahagiaan yang terlalui. Melalui tawa, air mata, dan pendengaran. Yang setia mendengar cerita klasik akan hidup. Menjadi saksi juga menjadi puisi.

Ikatan ini terjadi seperempat abad. Sudah ada kami putra putri. Walau sang pemilik seperempat abad belum tersuguhi. Tapi menjadi catatan ku di suatu hari. Menjadi dua fenomena. Potret dan mata. Melalui ku.

Bercerita melalui puisi. Teruntuk sebuah janji dari diri. Akan kebahagiaan yang berlanjut di kehidupan nanti.

2 thoughts on “Berjejak potret

  1. mungkin malam ini aku akan begadang dan bertepuk tangan semalaman suntuk. tulisan kamu seperti kafein, ada desakan untuk aku agar tetap terjaga dan menulis seperti kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s