Bahas Musik

Beramai-ramai tema cinta

Hidup bersama saling menjaga, sampai suatu.. hari.. terjadi..

Kebakaran kebakaran ada di hutan. Kebakaran kebakaran ada di hutan. Hewan-hewan lari. Tumbuhan-tumbuhan mati. Manusia mengungsi. Karena, ada..

Kebakaran kebakaran ada di hutan. Kebakaran-kebakaran ada di hutan. Sudah jadi tradisi. Seperti idul fitri. Tapi tak ada yang peduli. Siap siap jumpa lagi dengan..

Kebakaran kebakaran ada di hutan. Kebakaran kebakaran ada di hutan. Asap masuk kota. Hewan masuk kota. Tarzan juga masuk kota. Karena ada kebakaran hutan..

Beberapa hari ini. Ada beberapa lagu Cd Radio Killed The Tv Star yang bikin saya ngulang-ngulang track nya terus. Salah satu lagu nyentrik adalah lagu Sir Dandy, judul nya kebakaran hutan. DI antara 12 track lagu, ada lagu tentang kebakaran. Awal nya saya biasa aja, malah pengen ketawa. Setelah di ulang berkali-kali. Lagu ini bener-bener buat saya kagum. Ini musik berkualitas. Bukan bertema cinta. Jelas ini hebat. Gabisa keitung berapa banyak musisi yang mengambil tema cinta untuk lirik lagu nya. Sir Dandy salah satu musisi yang memberi musik dan lirik nya berbeda dari musisi yang lain. Kalau saya liat video-video di youtube, musik nya melihat fenomena yang ada di sekitar. Video nya kocak dan simpel. Walaupun seperti nya masyarakat umum biasa nya tidak terlalu melirik musisi seperti ini karena keluar dari garis besar umum. Bagi saya pribadi, Sir Dandy memang tidak membuat saya jatuh cinta dengan semua lagu nya, tetapi saya jatuh cinta dengan karya dia yang berani mengambil jalur khusus berbeda. Saya jatuh cinta dengan kehangatan dia bermusik tanpa mengambil tema cinta. Salut.

Tau musisi Efek Rumah Kaca? Pernah baca lirik-lirik nya? Sama kaya Sir Dandy, mereka mengambil fenomena yang ada di sekitar. Bercerita tentang Munir, tentang Indonesia, tentang kenakalan remaja, dan tentang musik mendayu bertema cinta. Keren. Saya mau nulis lirik dari Efek rumah kaca yang judul nya “cinta melulu”

Nada-nada yang minor. Lagu perselingkuhan.
Atas nama pasar semuanya begitu klise
Elegi patah hati. Ode pengusir rindu
Atas nama pasar semuanya begitu banal
Oh..
Lagu cinta melulu. Kita memang benar-benar melayu
Suka mendayu-dayu. Apa memang karena kuping melayu
Suka yang sendu-sendu. Lagu cinta melulu

Setiap karya yang berbeda, setiap karya yang tertutup, setiap karya pemberi nikmat, semua atas dasar cinta. Atas nama kecintaan terhadap sesuatu, semua orang bisa melakukan sesuatu. Atas dasar kecintaan terhadap musik, mereka bermusik. Atas dasar kecintaan terhadap nulis, setiap orang menulis. Atas dasar kecintaan terhadap sajak, saya bersajak. Memberi suguhan keindahan. Beberapa pasang indra.

3 thoughts on “Beramai-ramai tema cinta

Leave a Reply

