Nulis Puisi

Pengorbanan

Saya sedikit sharing tentang sebuah pengorbanan.

Saya bawa motor ke kampus. Ini jelas hal yang jarang saya lakuin setelah kecelakaan beberapa bulan lalu. Dan kegiatan dikampus hari ini sampe jam 9 malem. Mau pulang tapi kejebak hujan besar. Saya cuma komunikasi sama mama via pesan singkat, untuk kasih kabar kalau saya pulang setelah hujan reda soalnya saya gabawa jas hujan. Tapi ternyata, saya pulang dengan keadaan berbeda. Mama Bapa saya datang menjemput ke kampus pake mobil. Saya masuk mobil, dan mama yang nyetir. Bapa pake jas hujan yang beliau bawa. Dan pulang menggunakan motor saya. Speechless.

Sajak. Peneman air mata juga segala rasa. Jiwa tawa sedang tertahan sejenak. Bermesraan setiap kata di wangi tanah saat hujan. Sajak. Katakan sungguh bahwa setiap deskripsi yang aku tulis adalah nyata. Sampai ketika butiran tanah mendekat. Bunga melayu. Air membeku. Setiap jiwa yang mengering biarkan menunggu tanpa melepas. Sajak. Jika kamu adalah ilmu hitung,berapakah pengorbanan nyata yang terlihat kedua pasang mata? Jika kamu menjawab. Ribuan kertas akan terhampar luas menuliskan cetakan dari kedua pasang tangan. Sajak. Segala kelelahan mengharu biru menjadi saksi. Segala pertemanan mengagumi tuli menjadi serasi. Segala rasa malu menghampiri teringat janji-janji mimpi. Yang belum terwujudkan dalam bentuk pengorbanan. Sajak. Jika saat waktu ku habis memanjakan setiap waktu bersama. Berikan keindahan mu terhadap dunia. Tunjukkan bahwa ada satu jalan yang pernah terasa. Katakan bahwa ini telah mengukir dengan tetesan mata haru. Teruntuk segala kasih sayang yang memenuhi segala sisi kehidupan. Jadikan pengorbanan melebihi batas kapasitas. Membuat tersenyum.

Menulis ketika mata sayu, tugas menumpuk, dan asa ingin membalas dengan satu kecupan. Semoga mimpi indah menjadi pelengkap tidur setelah menabung pahala cinta. Selamat malam.

Leave a Reply

