Dan Lain Lain

Supir angkot baik hati

Selesai dari ATM, saya naik angkot antapani – ciroyom. Saya mau duduk di belakang, ada dua anggota viking lagi ngerokok dan asap nya ngebul kemana-mana. Akhirnya saya duduk di depan, sebelah supir angkot. Ceile dong duduk di depan jadi bisa ngaca terus-terusan ke spion. Supir angkot ini badan nya tinggi besar, tangan kiri nya ada tatto yang keliatan nya udah cukup lama, rambut nya gondrong dan di iket ke belakang. Ya jelas ke belakang, masa ke depan. Bahasa nya ga pake bahasa sunda kasar. Terlebih lagi yang saya paling inget, dia selalu ngalah kalau ada kendaraan lain yang beda arah mau belok kanan atau kiri. You know lah ya, biasa nya supir angkot seradak seruduk kalau ngendarain mobilnya. Supir angkot yang ini engga. Ini point pertama.

Di lampu merah jalan supratman – ahmad yani, ada pengemis yang kaki nya kecil dan digendong. Gatau digendong siapa, temen atau saudara nya mungkin. Supir angkot antapani – ciroyom di depan angkot yang saya tumpangi, ngasih beberapa uang koin ke pengemis tersebut. Dan ternyata supir angkot sebelah saya juga ngasih, dia ambil beberapa uang koin dan ngasih ke pengemis tersebut. Seinget saya 1500 atau 2000 gitu. Saya ga mentingin jumlah nya. Tapi rasa berbagi dia sama orang lain. Saya bahkan malu, soalnya saya ga ngasih. Gara-gara, saya inget ada uang kecil 2000 tapi saya cek di saku ternyata ga ada -____- beres lampu ijo, angkot jalan, saya buka tas dan ternyata uang 2000 nya di dalem tas. Saya cukup kagum sama supir angkot yang masih mau sedekah. Itu point kedua.

Sampai ke terminal Antapani, pas saya mau bayar angkot, ternyata uang saya itu cuma si 2000 tadi dan 50.000 yang tadi sehabis dari ATM. Saya kasih pake uang 50rb, kata supir nya gada kembalian. “Gausah bayar teh, gapapa..” Jelas saya ga enak, saya bilang aja kalau uang kecil ada nya cuma dua rebu. Setelah ini itu, akhir nya saya cuma bayar 2000 dan saya bilang maaf beberapa kali, sebelum saya turun saya bilang “Semoga dapet rezeki lebih a, makasih banyak” jawaban supir gondrong itu “Amiin teteh, sama-sama” – dan senyum. Saya tau ini senyum ramah. Itu point ketiga.

Well.. masih banyak orang baik yang awalnya kita ga tau mereka siapa. Banyak point penting selama perjalanan yang seharusnya, saya sebagai seorang mahasiswa pun bisa mencontoh dan belajar tentang banyak hal dari seorang supir angkot. Ga jaman lagi terus-terusan mencontoh yang “lebih dari kita”, moral yang kita bangun bisa di pelajari dari apa yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kecil, tapi bermakna dan berwujud. Ga kebanyakan teori seperti mereka-mereka (nunjuk satu-satu) hahaha😛

Anyway, supir angkot ini seperti supir angkot baru. Soalnya saya baru liat, padahal saya setiap hari naik angkot antapani – ciroyom. Ceileh so mengamati hehe. Semoga, supir angkot yang tadi angkot nya saya naikin dapet berkah dari penghasilan nya. Siapapun dia. Akhir kata, berdoa dulu buat supir angkot baik hati itu. Trims🙂

18 thoughts on “Supir angkot baik hati

  1. Wow, merinding saya bacanya.
    Saya juga pernah ketemu sama supir angkot baik hati seperti itu di Jakarta saat kuliah.
    Namun baru satu supir angkot yang satu temui yang benar2 “baik hati” seperti itu.
    Malu juga sih, saya yang anak kuliahan tapi kalah bijak dengan mereka itu.
    Btw, saya share di twitter ya.
    Biar banyak yang tergugah hatinya untuk menjadi orang yang baik hati juga.🙂

    1. Walau sebenernya “baik hati” cuma sekedar persepsi aja, tapi yang penting ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil😀
      Makasih loh buat share di twitter nya..

  2. betul, gak perlu liat siapa yang nglakuin, yang penting kalau itu baik kenapa kita tidak mencontohnya😀

  3. wah ada ya supir angkot kaya gini, kalo ane dijakarta belum penah nemu yang kaya gini nih, semoga kedepannya supir angkot yang lain bisa mencontoh kaya gini, walapun bertato tapi hatinya malaikat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s