Dan Lain Lain

Tips puasa

Malam ini adalah malam Nuzulul Qur’an dan mesjid di deket rumah saya penuh. Sampai-sampai sudah disediakan tenda di luar mesjid. AlhamdulillahπŸ˜€ Sebenernya kalau hari Minggu saya jarang ke mesjid karena saya suka menganggap “libur” untuk tarawehan. Tapi untuk malam ini engga, karena malam Nuzulul Qur’an. Lagipula sekarang dimata saya libur bukan lagi dianggap alasan. Diumur saya yang sudah 20tahun, ke mesjid tidak usah lagi mengandalkan “bareng mama” hehehe ya harus saya akui kalau dulu saya pergi ke mesjid untuk taraweh harus bareng mama. Alasan nya malu ke mesjid sendiri dan juga gada temen. Sekarang, saya suka mikir malah saya malu kalau ga mesjid. Langkah kaki kita ke mesjid menghapus dosa kita. Itu setau saya setelah banyak ceramah ini itu saya dengar. Jadi untuk tahun ini saya lebih sering ke mesjid. Ada mama atau tanpa mama. Kalau saya ga ke mesjid, alasan nya cuma dua. Pertama : Malas. Kedua : Pulang malam karena urusan kampus dan buka diluar. Ya, buka diluar itu cuma emang seneng-seneng aja. Solat maghrib sih iya. Tapi ga solat taraweh, malah nongkrong-nonkrong ga jelas. Dan, saya beruntung melakukan buka bareng diluar bersama teman-teman itu karena lagi “berhalangan” jadi ga harus memikirkan taraweh.

Balik lagi ke malam Nuzulul Qur’an. Ceramah hari ini keren. Sampai-sampai saya catet di hp dan batere nya abis lalu hp nya mati di mesjid. Hahaha tapi setidaknya banyak hal-hal yang saya dapat. Karena ceramah hari ini memang banyak pembahasan nya. Ada mengenai Alqur’an, manusia, ramadhan, dan tips puasa. Kalau saya langsung tulis semuanya kayanya ga tersusun #ceileh Jadi tulisan yang pertama ini, membahas tips untuk puasa kita diterima oleh Allah. Mungkin ada sebagian yang sudah mendengar, mungkin ada yang baru mengetahui nya sama seperti saya. Tulisan ini saya kutip tanpa melihat artikel manapun, hanya melihat dari catatan di hp saja. Jadi seingat saya saja ya, takut nya ada yang lupa-lupa mohon dimaafkan.

Tips puasa diterima oleh Allah, dari Imam Ghazali.

1. Menjaga pandangan. Allah tidak membutuhkan lapar dan hausnya manusia. Melainkan sikap manusia menjaga pandangan nya. Kenapa yang pertama pandangan? Karena pandangan, kita bisa bertengkar. Contoh, melihat pertandingan bola. Hanya karena melihat pertandingan dan kalah, bisa terjadi berantem. Atau contoh lain nya, karena pandangan bisa juga seorang manusia berselingkuh dari pasangan nya. Contohnya hanya mencari yang simple, untuk yang lebih lanjut pasti yang membaca lebih mengerti mengenai menjaga pandangan ini.

2. Menjaga lisan. Kembali, Allah tidak membutuhkan lapar dan hausnya manusia tetapi masih saja manusia nya berdusta, mencacimaki, bergosip, dan sebagainya. Jadi mungkin lebih baik diam, atau mungkin lebih baik lagi berdzikir. Selain mendapatkan pahala, mendekatkan kita kepada Allah juga.

3. Menjaga pedengaran. Kita dilarang berbicara kasar dan juga mendengar pembicaraan kasar. Maka dari itu mari menjaga pendengaran yang dibenci Allah.

4. Jangan berbuka puasa dengan subhat dan makruh. Mungkin ini yang biasa dilakukan laki-laki, misalnya mungkin rokok. Jadi lebih baik kita memakan yang sudah pasti halal saja. Karena kalau makruh kan, penilaian manusia juga masih sangat dasar. Kalau haram juga jelas tidak diperbolehkan. Maka, pilih lah yang halal. Simpen dulu rokok nya teman-teman!πŸ˜›

5. Jangan perbanyak makanan saat berbuka. Karena seperti mengumbar syahwat. Maksudnya, saat berbuka puasa kita janganlah makan makanan yang banyak karena alasan “wajar karena buka puasa” biasanya jika buka puasa, semua dimakan semua dibeli dan semua dilakukan sampai menuju tidur. Hehehe.

6. Memiliki rasa takut saat berbuka. Nah ini awalnya saya ga ngerti maksudnya apa. Tapi setelah dijelaskan ternyata maksudnya adalah, kita harus takut jika puasa kita hari itu tidak diterima Allah. Bukan maksud berprasangka buruk, tetapi ini membuat kita berpikir. Agar setiap hari nya kita harus melakukan puasa yang lebih baik dari hari ini.

Catatan : puasa itu bukan hanya dari sahur sampai berbuka. Tetapi selama bulan ramadhan itu. Pagi siang sore malam subuh, semuanya adalah kebaikan.

Ceramah di malam Nuzulul Qur’an ; pembahasan pertama. Selamat berpuasa! Selamat malam Nuzulul Qur’an. Alhamdulillah..

One thought on “Tips puasa

Leave a Reply

