30 Day Blog Challenge

#3 Discuss being single

Aheeeey terimakasih buat teman-teman yang ikut bertanya di post sebelumnya dan di twitter. Gusti Fullah, Sugito Kronjot, dan Iraajummah.

Apa kekurangan dan kelebihan single?

Pertanyaan seimbang menanyakan kekurangan serta kelebihan, artinya tidak melulu mencari tahu mengenai minus dari suatu hal. Buat saya kekurangan single cuma satu, kadang merasa sepi. Pasti banyak yang menyangkal hal ini dengan alasan ; saya punya banyak teman, sibuk dikantor, sibuk kuliah, sibuk ngurusin hal ini itu, merasa selalu bisa ketawa dan jalan bareng teman-keluarga-dsb sehingga dia tidak kesepian. Manusia kan makhluk sosial, dengan sebutan single ataupun tidak, pasti akan melakukan hal-hal di atas. Kadang merasa sepi disini adalah ketika kita benar-benar butuh seseorang untuk berbagi kesedihan dan kesenangan yang sedang kita alami. Bukankah bisa dibagikan bersama sahabat? Ya, betul. Tapi kita juga harus tahu batasan mana yang ingin diceritakan kepada sahabat, kepada keluarga, kepada teman, kepada rekan kerja, juga kepada pasangan. Pasti ada hal-hal tertentu dimana kita butuh berbagi bersama pasangan. Untuk kekurangan ini, saya ga bilang “selalu sepi” ya.. saya bilang “kadang merasa sepi” awas salah pemaknaan😛

Buat saya, kelebihan single itu adalah kita dikasih waktu lebih banyak untuk belajar. Belajar mandiri, belajar sabar ; sabar kalau kalian kena ledekan, belajar cermat ; cermat memilih calon pasangan kalian, dan lain lain.

What i must gonna do if i’m being single?

Cepet-cepet ganti status di facebook terus ikutan ajang pencarian jodoh di tv atau di radio. Hahah ya enggalaaaah. Jalanin hidup seperti biasa dan introspeksi diri.

Selain freedom apa yang menyenangkan dari single buat kamu? Lebih banyak nyenengin atau nyebelinnya?

Emangnya saya bebas gitu kalau single? Hahaha. Mau saya single atau tidak, saya tidak merasa bebas. Saya punya dua kontrol. Pertama kontrol diri sendiri, kedua kontrol dari orang tua. Kelak, jika saya punya suami, dia lah yang mengganti posisi yang kedua itu. Hidup bebas, buat saya gak ada. Saya tidak pernah merasa bahwa hidup itu bebas, yang ada di mata saya adalah bebas beraturan. Kalau mau bebas sebebas-bebas nya jangan jadi manusia.

Single lebih banyak nyenengin atau nyebelin? Gak dua-dua nya. Single ada enak dan enggak nya. Punya pasangan juga ada enak dan enggak nya. Tapi selama ini, yang saya rasa menyenangkan dari single adalah saya punya waktu yang dihabiskan bersama keluarga sebelum kelak saya akan menikah dan berkeluarga. Melihat keakraban orang tua saya, mengetahui masalah keluarga seperti apa, apakah Mama atau Bapak saya ada yang terserang penyakit, semua tentang keluarga. Emang kalau saya punya pasangan, saya gabisa punya waktu untuk keluarga? Jawaban nya punya. Tapi kapasitas nya tidak sebanyak ini. Semisalnya weekend dihabiskan bersama pasangan, kali ini saya bisa melihat kesibukkan orangtua saya, membantu masak-masak-seru dirumah, atau apapun. Kalau nyebelin dari single ya palingan sama kaya kekurangan single yang saya jelasin diatas.

Kamu sendiri malu gak sih jadi jomblo? Kalo aku baca TL2 di twitter itu kayaknya jomblo adalah makhluk yg harus di kasihani, kemana2 sendiri, ke kondangan sendiri, malam minggu bengong. hehehe dan secara yahh jaman sekarang ini kalo jomblo pasti di kaitkan dengan “gak laku” ?

Ya ampun, sebelum kita punya pasangan juga seluruh manusia ini jomblo – sendiri – single. Jadi ga harus malu kalau ya kita memang jomblo. Ya, jomblo itu selalu jadi bahan ledekan di timeline twitter ataupun di social media lain nya. Ada aja ide buat bikin keseruan tentang jomblo. Dan saya mau membahas satu-satu dari yang udah di tanya di atas.

Jomblo makhluk yang harus dikasihani. Tidaaaak ini bohong banget. Kalau mereka kasihan sama jomblo, apa bukti nya? Ngasih makan gratis aja enggak, ngebiayain kuliah juga enggak, ngasih pacar juga enggak. Jadi, kita tidak harus dikasihani dan mereka-mereka diluar sana pun tidak pernah mengasihani. Hahaha.

Jomblo kemana-mana sendiri. Ya masa mau banyakaaaaan nanti disangka rombongan haji =)) Hehehe gak juga kok. Jomblo ga selalu kemana-mana sendiri. Kita kan punya teman, punya sahabat, punya gebetan, punya mantan, punya adik, punya kakak, punya tetangga, punya orangtua juga, yaaa ajaklah mereka untuk nemenin kita kali-kali.

Jomblo ke kondangan sendiri. Loh kaaaan itu baca di surat undangan. Ditujukan nya buat kita sendiri kan? Jadi kalau kita datang sendiri sah-sah aja. Kita mengikuti apa yang ada di surat undangan. Artinya kita adalah tamu yang baik karena mengikuti perintah dari tuan rumah yang mengundang, huahahahaha jawaban nyebelin =))

Malam minggu bengong? Ini ngaco bener. Siapa yang bilang siapa? Hidup di zaman secanggih ini gak ada waktu buat bengong kecuali di wc dan nunggu waktu tidur.

Jomblo dikaitkan dengan “gak laku”. Wahahaha kita manusia bukan barang. Gak ada istilah gak laku segala. Semua manusia diciptakan berpasang-pasangan kok. Tinggal kita nya saja, memilih untuk sendiri atau berdua?

#3 Discuss being single – selesai. YEAAAY!

8 thoughts on “#3 Discuss being single

  1. Kalo cowok player suka sama cewek single: “wah, saingan gue banyak banget!”
    Kalo cowok player suka sama cewek yang punya pacar: “Sip! Saingan gue cuma satu!”

Leave a Reply

