30 Day Blog Challenge

#10 Education

Seberapa penting pendidikan buat saya? Ini jawaban nya :

1. Pendidikan itu penting, sekolah itu formalitas.

2. Pendidikan itu kebutuhan, sekolah itu permintaan.

Jadi gini maksudnya.

Untuk point pertama, buat saya pendidikan penting karena akan menunjang setiap individu. Menunjang dalam karir, dalam pergaulan, dalam kehidupan sosial, dsb. Pendidikan paling dasar setiap individu berawal dari dalam rumah, sisa nya akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Harap dibedakan juga bahwa pendidikan itu berbeda dengan sekolah. Ya, seperti yang udah saya sebutin di atas. Sekolah itu formalitas. Buat saya, sekolah itu memperbanyak pertemanan dan mendapatkan ijazah. Iyaaa, ilmu juga didapatkan sih. Tapi saya yakin, rata-rata akan merasakan lebih banyak mendapat teman daripada ilmu. Teman gak akan dilupain, ilmu yang udah di dapet dilupain. Jadi pelajaran sekolah yang di dapet itu, berhenti sampai ujian selesai. Setelah nya ya terlupakan.

Pelajaran-pelajaran di sekolah juga memberatkan. Ada hampir 15 mata pelajaran di SMA saya dulu dan kebanyakan gak terpakai disaat sekarang. Misalnya, matematika – fisika – kimia dengan rumus nya yang maha dahsyat. Sekarang di kehidupan yang sebenarnya, saya gak memakai semuanya. Padahal dulu udah les privat, udah ikutan bimbel juga, sampai ujian selesai…. lalu yudadababay tentang semuanya itu. Inti nya sih, pokoknya waktu itu yang penting cepet lulus dan dapat ijazah. Ngelanjutin hidup baru deh, entah itu kuliah, kerja, nikah, nganggur, apapun itu.

Jadi buat saya, mendidik lah diri sendiri sebaik mungkin. Pelajari lebih dalam mengenai apa aja pendidikan yang udah didapet dari orang tua, dari lingkungan, dari teman, dari semuanya. Pendidikan itu sangat luaaaass. Perihal sekolah cuma sekedar formalitas, saya masih menanti omongan pemerintah untuk membuat 70% SMK- 30% SMA. Pastinya saya juga mengharapkan jurusan-jurusan SMK itu, ga “itu-itu-lagi” yang pasti, jangan terlalu kaku kalau buat jurusan. Misalnya coba ganti jurusan jahit-menjahit-baju atau entah itu apa namanya, diganti nama menjadi fashion designer! Jadi nanti kalau kuliah bisa lebih berkembang mengenai jurusan nya itu.

Point nomer 2, buat saya pendidikan itu kebutuhan. Saya merasa butuh dengan pendidikan, maka saya siap untuk di didik. Seperti kita yang hadir dalam keluarga kita, walaupun ada kebebasan, pasti ada didikan dari orang tua kita. Mau gak mau, siap gak siap, kita akan mengikuti nya. Walaupun memang ada beberapa yang gak di ikutin sama kita. Nah untuk sekolah, buat saya sekolah adalah permintaan. Saya merasa sekolah itu sebagian besar adalah permintaan lingkungan. Seperti : “jika kamu tidak sekolah, kamu hanya akan jadi buruh pabrik” atau seperti ini : “jika kamu sekolah sampai SMA, minimal kamu bisa kerja jadi kasir minimarket” atau bisa juga kaya gini : “kamu kelakuan nya kaya gitu, kaya gak disekolahin aja”. Hal-hal yang seperti itu lah yang diminta kamu mau gak mau harus sekolah. Padahal, sekolah gak sekolah kalau nanti saya jadi bos dan kamu jadi bawahan saya, kamu mau apa? Hahaha =))

Sebenarnya, kalau sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di negeri ini dibuat semaksimal mungkin, kayanya saya gak akan punya pemikiran kaya gini. Ya kesimpulan nya, buat saya itu pendidikan akan dibutuhkan sampai kapanpun. Sedangkan sekolah tidak. Lalu, sekolah juga didalamnya ada pendidikan. Sedangkan di dalam pendidikan tidak melulu mengenai sekolah.

Oke segitu aja seberapa pentingnya pendidikan buat saya. Kalau buat kalian gimana? Salam sejahtera buat kalian semua ya! *bersulang* *bersulang air mineral*

Challenge ke #10 – Education selesai.

4 thoughts on “#10 Education

  1. setuju dengan pendapat kamu…pendidikan itu sangat penting dan dibutuhkan tapi tidak hanya didapatkan dr sekolah saja..Bukan nya saya sombong, saya mengeyam pendidikan sampai perguruan tinggi, tapi setelah lulus , ilmu yang saya dapatkan hanya sebagian kecil saja yg saya aplikasikan di dalam profesi saya sekarang sebagai Ibu rumah tangga,,:)

    1. Sekarang kebanyakan jurusan dan pekerjaan gak nyambung juga Kak. Contoh : Lulusan pertanian, kerja jadi teller bank. Yaaaa begitulah, sekolah jadi semacam formalitas aja.

  2. mirip-mirip. sekarang saya kuliah cuma butuh nilai sama ijazah.
    soalnya yang di cek pas interview kerja itu cuma ijazahnya.
    skill sama kemampuan bisa didapat dari google.

    1. Iya, ijazah terakhir pula. Mereka ga peduli mau kamu dulunya ranking 1 sekalipun. Ya ampun skill sama kemampuan di dapat dari google? Saya mah enggak ehe ehe

Leave a Reply

