30 Day Blog Challenge

#27 A letter to someone

Surat pertama

Kepada sebuah nama yang akan saya ketahui di masa nanti,

Ketika kelak kamu datang, saya harap semua diawali dengan baik sesuai dengan skenario yang sudah ada. Ketika kelak kamu datang, saya harap mata mu teduh sehingga saya akan bisa memandangi mu lama-lama sampai mata saya perih. Ketika kelak kamu datang, saya harap bukan hanya saya yang meminta, tapi juga kamu. Kita berdua. Dua manusia yang sama-sama meminta dengan jalan nya masing-masing.

Kepada sebuah nama yang akan saya pakai di masa nanti,

Saya menjadi imajiner yang baik untuk melukiskan tentang mu, latar nya selalu punya cahaya kontras. Berkali-kali saya simpan dalam kotak tentang kita bertanah kata. Berharap nanti setelah tubuh kita melemah, kita bisa membuka kembali dengan tatapan cinta seperti sedia kala, seperti saat langit berganti malam. Teduh dan menenangkan.

Surat ini untukmu, saya persembahkan sebelum kita bertemu dan menyatu.

 

Surat kedua

Kepada guru-guru BK saat saya SMP

Kalian, yang tidak akan saya ingat namanya. Ketahuilah bahwa rasa sakit hati saya masih tersimpan dengan jelas. Mengingat perlakuan kalian yang tidak manusiawi. Mengingat perlakuan kalian yang sama sekali tidak melindungi dan menyayangi. Saya, Aulia Fasya. Saya adalah perempuan bodoh yang sudah sering masuk ruangan kalian dengan ketakutan. Masih ingat? Apa kabar nya? Masih kah kalian bekerja menjadi guru bimbingan konseling disana?

Sebenarnya saya tidak begitu tertarik mendengar kabar kalian. Itu hanya basa-basi saya, sama seperti perlakuan kalian. Terlalu banyak prolog, terlalu banyak drama.

Saya belajar banyak dari pengalaman buruk yang pernah saya lakukan. Tapi tidak dari kalian. Bagi saya, kalian tidak pernah membimbing dan tidak pernah memberi konseling. Sekarang saya sedang menempuh pendidikan di jurusan psikologi, saya juga diajarkan tentang konseling. Apa kalian dulu belajar hal yang sama seperti saya? Sudah pasti sepertinya. Hanya saja, kalian lupa ketika menghadapi siswa-siswa yang masuk ruangan kalian atau ketika menghadapi siswa-siswa di dalam kelas.

Kalian tahu, kepercayaan konselor terhadap klien dan kepercayaan klien terhadap konselor akan menghasilkan kerjasama yang baik? Sayangnya, dulu saya hanya ada di bagian klien percaya terhadap konselor. Sehingga kita tidak pernah akan menghasilkan kerjasama yang baik. Kalian semua tidak dapat dipercaya, sesuka hati menilai perilaku seseorang dan menceritakan masalah orang kepada sesama guru dan siswa lain. Kalian ini manusia macam apa?

Surat ini saya sampaikan dengan keadaan sadar, walaupun saya lupa beberapa kejadian saat masa SMP. Setidaknya, saya tidak lupa bahwa kalian bekerja dengan begitu membuat saya malu dan ketakutan.

Satu paragraf untuk wali kelas saya saat kelas 3 SMP,

Terimakasih banyak karena Bapa begitu bijak mendidik saya. Terimakasih banyak karena Bapa memberi peringatan yang tepat kepada saya. Terimakasih banyak karena Bapa menyayangi saya dengan tulus tanpa berharap balasan apapun. Terimakasih banyak, untuk setiap waktu yang dihabiskan untuk mengajari saya tentang hidup. Terimakasih banyak karena Bapa melindungi, bukan menghakimi. Terimakasih banyaaaak.

Challenge ke 27 – A letter to someone – selesai.

4 thoughts on “#27 A letter to someone

  1. Pada dasarnya guru BP / BK memang killer, banyak yang ketakutan di masa itu. Sekolah saya dulu juga, namun kembali kepada niatan masing-masing. adakah yg tidak beres.

    Well, selamat menanti nama keluarga yang akan disandang. Moga teduh.

  2. Waduh itu cerita di surat kedua kayanya agak2 menorehkan luka mendalam ya neng? Mungkin mereka kudu kuliah di Psikologi lagi tuh, memperdalam ilmu konselingnya hehehe

Leave a Reply

