Bandung dan Kuliner

Situ Cisanti, Tenang tapi Kurang Perhatian

Masih tentang Bandung! Tapi saya bukan mau membahas kuliner nya, saya mau bahas satu tempat di Bandung yang baru-baru ini saya datengin. Namanya, Situ Cisanti. Situ dalam bahasa sunda artinya Danau. Di Bandung ada banyak situ-situ. Kalian bisa searching di internet. Beberapa tempat sudah saya kunjungi tapi jangka waktu kesana nya sudah cukup lama dan tidak ada foto yang bisa saya bagikan. Nah, balik lagi ke Situ Cisanti yaaa. Situ Cisanti ini danau buatan dan letak nya di Desa Kertasari.

Dimanakah itu? Jauuuuuuh sekali teman-teman sekalian! Hahaha di kabupaten Bandung Selatan. Kalian harus melewati dulu terusan Buah Batu – Baleendah – Ciparay – Pacet – Cibeureum (bukan Cibeureum Cimahi) – baru masuk Kertasari. Ini sungguh perjalanan panjang, percayalah. Terlebih lagi daerah yang di lewatin ini gersang dan banyak sekali truk-truk lewat, berasa ikutan gersang dijalan. Lama perjalanan 3 jam (dari Arcamanik) dengan 3x berhenti, berhenti pertama : ke minimarket beli roti dan susu karena kelaperan, berhenti kedua : kena tilang polisi, berhenti ketiga : isi bensin di warung pinggir jalan daerah Cibeureum, sambil isi bensin, sambil ngobrol dan nenangin diri karena gak nyangka sejauh ini hahaha.

Pas masuk ke pintu gerbang, sepi banget. Entah karena udah sore atau emang kayanya sih tempatnya sepi. Yang parkir mobil cuma satu, motor juga cuma ngejajar kurang lebih lima. Baru parkir motor langsung ada yang datengin anak laki, kayanya usia nya 20 tahunan. Dia bilang tiketnya 15 ribu untuk berdua, terus saya tanya udah sama parkir belum, katanya udah. Terus pas udah bayar, udah deh krik krik. Gak dikasih tiket masuk, gak dikasih petunjuk masuknya, atau apa gitu basa-basi. Berhubung saya cerewet, jadi saya yang banyak tanya. Saya tanya tutup nya jam berapa, masuknya lurus terus apa kemana, dan lain lain nya. Oke, akhirnya saya masuk dan udah kerasa hawa-hawa gak enak hahaha gak deng😛 hawa-hawa nya langsung asik aja buat foto-foto. Tapi liat kanan kiri, ada bangunan-bangunan dari kayu yang entah digunain atau engga tapi terlihat gak keurus. Sayang sekali.

Pas liat situ nya, air nya hijau, hijau berlumut gitu sih bukan hijau kotor karena sampah. Bagian rumput-rumput dipinggir nya panjang-panjang gak di rapihin, kurang enak kan kalau mau duduk-duduk sambil piknik lucu gitu. Tapi dengan sedemikian rupa nya Situ Cisanti, ini adalah hulu nya sungai Citarum (hulu : kepala). Jadi sumber air sungai citarum yang konon adalah sungai terkotor SEDUNIA, catat sodara-sodara, SEDUNIA.. hhhh (ngetiknya kesel) yaaa sumbernya ini, dari sini. Selain itu, disini juga ada 7 mata air yang katanya masih bersih banget, saya liat beberapa postingan di instagram juga air nya beneran bening-bening, sebening cewe-cewe Bandung #halah. Cuma sayangnya kemarin saya gak sempat nyari dan keliling-keliling, waktu nya kesorean, udah keburu gelap dan mikirin perjalanan pulangnya yang super jadi gak ketemu deh si mata air yang bening-bening itu.

Walaupun Situ Cisanti kurang perhatian dan kasih sayang, buat kamu-kamu yang butuh ketenangan dan suka foto, wajib banget kesini. Ada banyak angle foto yang bagus. Kemarin pas kesini saya dapat teman baru, namanya lupa, kalau gak salah Rio dan satu lagi duh asli lupaaaaa. Mereka kebetulan datang berdua dan cerita juga kalau perjalanan kesini beneran super. Tapi berhubung mereka suka foto, jadi pas kesini gak nyesel. Kebetulan mereka juga mahasiswa kaya saya, kuliah di LPKIA, mungkin kalau kalian berdua baca tulisan ini, sempatkan dadah-dadah ke layar laptop ataupun komentar dibawah ini ya! Semoga kita ketemu lagi di tempat-tempat tersembunyi lainnya di Bandung hehehe.

20140927_164534

Naaaah, jadiii kamu berniat kesini gak? Silahkan kalau mau kesini. Jangan lupa bawa perbekalan dari rumah karena disini belum tentu ada yang jualan makanan. Saya sendiri bawa perbekalan dari rumah, air mineral, kentang goreng, chicken strudel, dan bawa susu+roti dari minimarket di pemberhentian pertama. Ternyata benar saja disana sepi gak ada yang jualan. Mungkin kesorean atau mungkin emang gak ada yang jual. Kalau kalian kesini yang wajib banget dibawa adalah kamera, jaket (prepare aja sih) dan isi bensin kendaraan mu FULL! Semakin menuju ke tujuan, semakin minim juga SPBU nya, ada sih yang jual tapi di warung-warung pinggir jalan, itupun kalau nemu hehehe, harganya pun tentu dinaikan. Sebenarnya harga bukan masalah, tapi kalau kita di persiapkan, lebih baik kan?😀

Oh iya, tempat ini juga bisa dipakai untuk kemping looooh! Minta izin dan bayar nya berapa, saya kurang tahu. Tapi, menurut informasi kalau mau kemping, menyimpan kendaraan nya jangan di parkiran sini soalnya sepi bahaya takut hilang. Katanya sih lebih baik titip ke rumah warga.

Yuk kesini teman-teman. Kita foto-foto terus piknik lucuk :3 hehehe.

10 thoughts on “Situ Cisanti, Tenang tapi Kurang Perhatian

  1. gilaaaa 3 jam itu ud kaya Jogja-Dieng. itu aja aku nginep.
    niatmu baja dan sungguh luar biasa..!!
    btw kalo ad hutan pinus gitu bisa foto ala ala Twilight yak. wkwkwk

    1. Iya 3 jam, ini sih gak perlu nginep masih di bisa dijangkau hahaha. Di Bandung malah ada tempat2 tersembunyi lainnya, yang harus ditempuh 5 – 6 jam.
      Itu kayanya bukan pohon pinus, mirip sih emang, tapi pohon pinus ditempat lain yang udah ditemuin agak beda sama ini hehehe. Yuk foto-foto ala-ala twilight😀

  2. Yang dirimu sebut “piknik lucuk” itu macamnya makan sandwich dari keranjang kayu beralaskan tiker polkadot dan bertopi lebar itu ya? Hehehe.

    Kalau dari jperetanmu, aku menerawang ini lokasi emang fotogenik. Nggak sia-sia lah dirimu jauh-jauh kemari (kena tilang pula :p) dan sayangnya mendung ya? Jadi, berapa jam ini dari Bandung?

    oh iya, jangan cuma “SEDUNIA” donk yg dicetak besar, skalian aja “TERKOTOR SEDUNIA” dan kalau perlu di-bold #kabur

    1. Bukan, tapi saya nya yang lucuk🙂
      Gak mendung sebenernya, emang udah kesorean aja ini sih. Dari Bandung kota, 3 jam mas. HAAAAH TOLONG YANG ITU KOTOR2 APASIH JANGAN DIULANG2 YAAA, KESEL😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s