Bahas Musik

Review CD Album Sinestesia – ERK

Hallo semuaaa!

Siapa disini yang suka sama ERK (Efek Rumah Kaca), cuuuuung! Tulisan ini mau mengulas sedikit mengenai CD album Sinestesia yang udah mendarat dirumah dan udah diputer setiap hari bergantian sama suara si dia yang ada di sebrang sana. Eits, fokus.

Jadi, semenjak lagu Biru keluar di soundcloud dan youtube, saya rada kaget karena lagu Biru ini ternyata isinya ada dua lagu. Setelah beberapa kali dengerin, saya belum langsung tertarik buat beli CD fisiknya. Tapi pas di Jokja, Bimo ngasih tau saya kalau album Sinestesia bagus, dia bilang “keren parah Kak Fasy!” dan disambung ngebahas konser nya ERK yang bertajuk “Pasar Bisa Dikonserkan” yang ada di Bandung terus gak lupa ngebahas Indie Art Wedding (project musik punya nya Cholil dan Irma).

Gak serta merta nge-iya-in pernyataan Bimo tentang album Sinestesia, saya masih cuek aja dan masih tau satu lagu aja (Biru) beluman peduli sama judul lain. Sampai akhirnya saya dengerin satu album via youtube, dengerin yang judulnya Putih, Merah, Jingga, Hijau, dan Kuning. Setdaaaaaaah tanpa ba-bi-bu saya langsung beli CD ini via online dan langsung transfer seketika itu juga. Please, bener banget kata Bimo si anak kampret ngeselin itu.

Gak salah banget saya beli. Karena emang saya juga nemu info kalau album Sinestesia ini beberapa kali ada di peringkat satu iTunes. MAK KEREN AMAT!

Penasaran sama CD fisiknya? Ini dia!

ABM_1453960717
Album fisik Sinestesia by Efek Rumah Kaca
ABM_1453960851
6 kartu gambar berwarna sesuai judul lagu di Sinestesia
ABM_1453960883
6 kartu gambar yang mengartikan 6 lagu di Sinestesia

Apasih arti Sinestesia? Sinestesia adalah sebuah situasi di mana kita merasakan sesuatu ketika kita mendengarkan sesuatu. Judul Sinestesia itu datang dari sang pemain bas, Adrian Yunan Faisal, yang selama ini tetap berkontribusi dalam pembuatan album ketiga ERK, meski sempat harus absen dari sejumlah pertunjukan ERK karena mengalami gangguan penglihatan.

“Jadi, yang ngasih nama album tuh bassist kami, Adrian, bagaimana warna-warna itu tergambar oleh dia. Adrian kan sudah sekitar empat tahun kondisi penglihatannya terganggu ya. Jadi, dia merasa melihat warna-warna yang dijadikan judul lagu itu ketika mendengarkan lagu itu,” Kata Cholil. Terlampir di artikel HAI-online.

Oiya di CD fisik ini bukan cuma ada keping CD. Tapi ada kartu gambar berwarna sesuai judul lagu di album. Ada juga gambar lain yang hitam putih dan saya yakin pasti ada hubungan nya juga sama keenam judul lagu ini. Hanya saja arti dari bentuk gambar yang berwarna ataupun hitam putih itu saya ndak paham. Saya mah apa😦

ABM_1453960917
Keping CD Sinestesia
ABM_1453960960
Keping CD dan Lirik

Kalian juga harus tauuuu. ERK bikin album ini tanpa latihan di studio, tapi langsung rekaman. Langsung gaes, langsung! Gak pake permisi dulu atau coba-coba.

Buat saya pribadi, semua lagunya emang beneran bagus, dan tentu bermakna. Gak cuma sekedar lagu, gak cuma sekedar album, tapi ini beneran mateng dari segala hal. Buat saya yang gak paham-paham banget sama musik, tapi ngelihat CD fisik, baca artikel nya, baca liriknya, dan nikmatin lagunya. Saya bisa bilang kalau ini mateng dan luar biasa.

Di antara warna-warna di lagu ini, saya paling suka yang judulnya Putih. Pertama kali denger saya langsung merinding karena ada lagu dan lirik yang dibaca semacam puisi. Jadi di lagu Putih ini di dalamnya terdapat judul “Tiada” dan “Ada”. Pas saya cari tahu, ternyata eh ternyata makna nya bikin saya kagum.

“Putih adalah lagu tentang keluarga, gabungan dari dua lagu tentang “Tiada” dan “Ada.” Ide tentang “Tiada” didapatkan dari hasil obrolan dengan seorang teman yang bernama Adi Amir Zainun, yang pada akhirnya pergi menuju kekekalan sebelum lagu ini selesai dikerjakan. Sedangkan, ide tentang “Ada” bermula dari kebahagiaan akan lahirnya anak-anak kami, penerus penerus kami, harapan-harapan kami. Lagu ini kami dedikasikan untuk mereka”
Sumber disini.

Lagunya bisa didenger dibawah ini.

Selain lagu Putih yang keren. Lagu Merah juga luar biasa, ngebahas tentang politik dan isinya ada 3 judul : Ilmu Politik, Lara dimana-mana, dan Ada-ada Saja. Dengerin deh, lucuk lagunya. Ada juga warna lain, lagu Jingga yang berjudul “Hilang” di liriknya tertulis nama-nama orang hilang di tahun 1997-1998. Saya sempet kaget pas dengerin, takut salah denger akhirnya saya buka liriknya. Eh beneran dong, tertulis nama-nama orang hilang tersebut. Saya langsung keinget sama Aksi Kamisan. Persis banget sama lagu ini. Eh kalian tahu Aksi Kamisan? Baca disini info nya.

Lagu warna lain gimana Fasy? Sama. Bagus. Selain tentang album ini, Konser Sinestesia yang diadakan di Jakarta beberapa waktu lalu juga sangat berkesan bagi siapa saja yang hadir. Saya banyak baca ulasan nya di internet. Perlu teman-teman ketahui kalau konser tersebut diadakan tanpa ada sponsor. Mereka berjuang sendiri. Duh, kagum.

ABM_1453961004.jpg
Sticker Sinestesia
ABM_1453961037
Isi full dari CD Sinestesia

Soooooo, apa pendapat kalian atas album Sinestesia? Kalau tertarik jangan lupa buat beli CD fisik atau beli versi digital nya di iTunes. Kalau mau download yang asli bisa mampir ke soundcloud nya, ada dua lagu yang free bisa di download. Baik sekali ya. Tapi saran saya sih, udah aja beli langsung untuk menghargai dan menikmati.

Album Sinestesia – Efek Rumah Kaca
Tersedia di @demajors_info
Untuk yang di Bandung bisa ke @omuniuum small shop of reading & listening
Alamat : Jl. Ciumbuleuit 151 B lantai 2. Kota Bandung
Telepon : 087821836088 (online order)

Harga : 50K

Info Efek Rumah Kaca:
Twitter : @efekrumahkaca
Instagram : @sebelahmata_erk
Soundcloud : efek_rumah_kaca

50 thoughts on “Review CD Album Sinestesia – ERK

  1. Di akhir lagu “kuning” terdapat nyanyian rakyat Dayak berjudul “Leleng” yang di rekam langsung dari desa Pampang. Kalimantan Timur

    Anyway jadi aku lebih berkesan lagu “Kuning” merah dan hijau seperti warna balonKU lima ruparuapa warnayaaa. #eh giamana gimana fasyaaa haha😀

  2. Mantap, Sya! Kalo Kuning itu Keberagaman dan Keberagamaan. :))

    Itu favorit gue. Ehehehe. Tapi semuanya bagus kok! Banget malah.

    Gue tahu ERK sekitar 2009 apa. Itu pun tau dari band lain yang cover lagu “Di Udara”. Lagu keceh abis. Tentang Alm. Munir. :’)

    Terus pas 2011 pertama kali nonton perform di JakCloth. Sekarang udah nggak nonton lagi. Huhuhu😦

    Btw, gue cuma punya lagu di iTunes aja. Kalo fisiknya belum punya. Beliin dong, Teh :p

    1. Yoga selalu curhat kapan aja dimana aja Akbar Sholihin.

      Aku tau dari winamp komputer yang di isi kakak aku, lupa taun berapa tuh. Terus akhirnya dengerin dan cari tau sendiri.

      Ah kalau punya juga cuma buat dipajang yakan? Pasti tetep dengerin dari hengpon. Ndak aku beliin ah. Wkwkwk😛

  3. Ya Allah ..
    aku kok kudet banget ya masalah band2 Indie di Indo tuh, padahal ni band pernah manggung pas acara di kampus loh, tapi aku waktu diajakin nolak karena nggak ngerti bandnya ..
    Lagunya enak toh ternyata ..
    Apalagi lagunya tentang warna warna gitu, dan disetiap warna ada maknanya ..

    Aakkkkkk ..
    Perlu belajar banyak tentang indie nih ..

  4. Ya Allah ..
    aku kok kudet banget ya kalo masalah band Indie di Indonesia ..
    Padahal ni band pernah manggung di acara kampusku lowh,
    tapi waktu itu diajak nonton, aku nolak sih.. karena ya nggak tau bandnya ..
    ternyata keren toh .. hmmm
    apalagi lagunya tentang warna gitu, dan disetiap warna ada maknanya ..
    aaakkkkkkk !!

    Harus belajar banyak tentang Indie nih ..😦

    1. Yah sayang ya ga nonton hehehe. Tapi gapapa sih waktu itu nonton juga tar kamu nya gak ikut nyanyi kan ga asik juga yak😛

      Ayo dengeriiin. Gausah pake belajar, ini bukan mau uas😦

      1. Coba pantengin channel Sounds From The Corner di YouTube, Fas. Ada kolaborasi ERK sama Barasuara kayaknya. Folk/akustik juga banyak yang bagus di channel itu.

  5. Cuung!, aku juga suka ERK. Pertama kali dengernya yang Mosi Tidak Percaya, gara2 waktu kl enggak salah lg nyari soundtrack buat bikin video dukungan buat KPK. Musikalitas dan liriknya manteb… (y)

  6. Aku #fansERKgariskeras :)))))

    Aku dengerin sampe berulang kali buat ngerti liriknya, sampe udah macet cdku :)) jenius banget mereka ya Fasy. Kalo denger ERK berasa belajar sejarah juga Fasy jadi keinget sama peristiwa-peristiwa masa dulu, dan masa sekarang.

    ERK aku padamu pokoknya! :))

    1. Bahahahaha kamu harus tau ini juga cd ku sempet macet juga kemaren2. Sekarang dengerin nya via yutub karena takut rusak cd nya :))

      Ih aku sih, “aku padamu” nya ke jodoh. Wkwkwk

  7. HUAAAAAAA ! Most played songs di laptop selama berminggu-minggu. Beruntung sempet nonton mereka di Sabuga, walopun ngga bisa nonton yang di Jakarta.
    Abis ini beli ini deh, biar bisa difoto juga hahaha

  8. GILAAAK INI ERK ! AKU SELALU SUKA SAMA KONSEP-KONSEP YANG DIA BUAT ! AAAAAH EDUN :’)

    Aku sebelumnya baru ndengerin lagu sinestesia yang hijau aja sih mbak. Dan yaaak, durasinya panjang-panjang beud lagunya. tapi tetep. Liriknya syahdu dan manis🙂
    Mantap ini mah🙂

    1. Dikasih makan apa ya mereka sampe konsep dan jalan pikirnya keren hahaha.

      Dengerin yang lain Feb. Di yutub ada tuh komplit. Iya panjang2 durasinya abisnya satu warna bisa 2-3 judul.

      Iya atuh syahdu dan manis. Kaya suara dan kelakuan aku. Ntaphs!

  9. Pernah denger ERK, tapi baru kali ini denger lagunya via soundcloud. Kurang suka band Indie. Gini, nih, dangdut mania.😦

    Keren tuh, bikin lagu tanpa latihan. Harusnya menginspirasi anak muda Indonesia yang lain. Misalnya; langsung ngelamar tanpa pacaran dulu.

    1. (( dangdut mania ))

      Hahaha oh Aa Renggo doyan nya dangdut, cocok sih sama wajah #lah

      Bukan bikin lagu tanpa latihan, tapi rekaman tanpa latihan. Ah ga fokus ya?😛

  10. Aduh, aku kurang mengikuti band genre ini kak.
    Tapi begitu dengerin soundcloudnya jadi penasaran penasaran gimana gitu sama lagu lainnya.

    Eh, itu keren loh kak ketika mereka langsung buat album di studio tanpa harus repot repot rekaman segala macamnya. Profesional gimana gitu sih menurutku.

    1. Aku juga suka nya genre akustik/folk gitu tapi ga melulu sih. Karena tau erk dari dulu bagus, jadi aku coba denger dan akhirnya suka. Tulisan ini dan pembelian cd juga termasuk apresiasi terhadap erk hehehe.

  11. ERK!! Gue suka banget sama ini band, buat mereka “mengagumkan”
    gue jadi inget nih waktu awal rilis “Pasar bisa diciptakan” gue belain manteng semua radio yang muterin lagu itu. Keren lah pokoknya \m/

  12. Fisiknya oke banget. sereng denger lewat youtube. Belum beli fisiknya. Yang gue suka sama ERK ini, pemilihan katanya yang abnormal. Tapi pas. Keren lah

  13. review album yang menarik mbak🙂.. btw, Januari kemarin saya sempet nonton konser sinsestesia dan konsernya emang keren dengan tata cahaya di panggung yang luar biasa banget. Dan Alhamdulililah juga kebeli juga rilisan fisiknya waktu konser tapi sayang aja belum sempet saya ulas / review albumnya, hehe..

    secara keseluruhan lagunya cukup nikmat dan cukup bermakna..

    Salam kenal ya mbak, saya Rizqi http://www.shambustory.com🙂

  14. dari panjangnya lagu2 ini, mengingatkan saya sama Album Hijau iwan Fals.. judul-judulnya lagu1,lagu2,lagu3 sampai 6. Erk memang ajib, di sinestesia saya suka “Putih”.

Leave a Reply

