Bahas Musik

Nyunda Tapi Ngejazz

Hallooo!

Ada yang tahu solois perempuan dari Bandung namanya Yura Yunita? Mojang Bandung ini jebolan ajang The Voice Indonesia tahun 2013. Yura ini punya suara keren dan sejak tahun 2014 Yura dipilih sebagai ambassador dari portal #MusikBagusIndonesia atau #MusikBagusINA (cek tagar di twitter) yang diciptakan oleh Glenn Fredly yang juga menjadi executive produser dari album Yura. Beberapa penghargaan yang didapet Yura adalah menerima banyak nominasi dari ajang musik, album nya pun masuk menjadi 6 besar album Indonesia terbaik versi Rolling Stone Indonesia, dan yang terbaru Yura masuk ke International Java Jazz Festival 2015.

Yura mulai booming sejak lagu Cinta dan Rahasia yang dinyanyikan bersama Glenn Fredly dan lagu Berawal dari Tatap yang video nya dapat kunjungan 8 juta sekian. Pertama kali saya dengerin lagu-lagunya Yura itu di tahun 2014 yang di putar di salah satu radio di Bandung, kemudian saya mulai nyari-nyari gigs nya. Di tahun yang sama, Yura ngadain konser perdana di Bandung dan saya excited pas tau ada konser Yura. Akhirnya beli tiket lah sama si anu. Tapi eh tapi…… pas hari H malah batal nonton konser padahal tiket udah di tangan. Batal karena apa? Berantem sama si anu. Skip.

Selain lagu Cinta dan Rahasia atau Berawal Dari Tatap, lagu-lagu Yura yang lain pun enak di dengar buat saya. Tapi di antara banyak lagu Yura, ada salah satu lagu yang unik dan berkesan buat didengarkan. Judulnya Kataji dan ini adalah lagu berbahasa sunda. Untuk saya, Kataji sebagai lagu sunda pertama yang easy listening dan bikin happy. Lagu Kataji dikemas dengan musik jazz yang punya kekuatan “gakpapa gak tahu artinya yang penting lagunya asik”. Entah sih, tapi itu adalah komentar yang paling sering saya tahu untuk lagu ini.

Kalian boleh coba dengerin dulu lagu nya dibawah sini. Video pertama, Yura nyanyiin live di konser perdana nya. Video kedua, lirik video dari lagu kataji.

Kataji sendiri punya arti terpesona atau terpikat. Jadi lagu ini menjelaskan tentang perasaan suka seorang perempuan kepada laki-laki yang memang benar-benar memikat hati. Tapi si lakik nya cuma mainin perasaan perempuan. Etapi, udah tau lakik nya cuma main-main doang si perempuan tetep aja terpikat. Soalnya lakik ini punya daya pikat yang tinggi dan perempuan-perempuan lain pun emang suka. Yaaa… kurang lebih gitu artinya.

Saya sendiri sebagai orang sunda gak terlalu paham pas tahu ada lagu ini. Selain emang saya nya gak jago bahasa sunda, penggunaan bahasa yang dipake pun supeeeer haluuuus. Kalau ada pilihan bahasa halus dan kasar, ini adalah super halusnya – original. Dan, yang bikin saya seneng adalah ini lagu ciptaan Yura sendiri. Sebagai perempuan dari tanah sunda, dia mau mencoba berkarya tanpa melupakan budaya. Keren!

Lagu Kataji ini dibuka dengan pukulan drum dan denting piano yang mendominasi lagu, sebelum disusul suara Yura—yang sama sekali tidak mendayu-dayu; menegaskan bahwa Kataji bukanlah sebuah lagu mellow seperti umumnya kita dengar saat sebuah lagu membawa tema tentang pengkhianatan cinta. Sebaliknya, suara tepuk tangan yang berperan sebagai pengisi jeda lagu dan nyanyian memperlihatkan bahwa Kataji justru adalah sebuah lagu tentang guyonan, yang menertawakan kekonyolan diri sendiri karena jatuh hati pada orang yang salah.

So, lagu ini layak banget buat didengerin! Ya, Kataji jadi salah satu lagu baru yang nyentrik dan tentu aja, saya turut bangga karena Yura salah satu musisi dari Bandung. Selamat menikmati!

Sumber tulisan : dari sini dan dari sini

73 thoughts on “Nyunda Tapi Ngejazz

  1. Aku tau Yura baru beberapa bulan lalu mbak ._. itu aja dari spanduk yang ada dipinggir jalan -_- kirain Yura itu penyanyi jepang ._. ternyata penyanyi indonesia wkwkwkw

    Eh, jadi yang berantem sama si anu nggak diceritain aja nih :p wkwkw

  2. Kataji was the first song that I know from Yura, even before Berawal Dari Tatap or Cinta Dan Rahasia. Was searching YouTube for Jazz Sunda (in the hope of finding something like those nice Bossanova Jawa), and stumbled to this song. That was around 2014 if I’m not mistaken.

    Btw, I remember reading (or listening? I forget) somewhere that in her recent interview, Yuka said she will incorporate more Sundanese culture in her future song, mainly through squeezing Sundanese terms/phrases in her songs. Really looking forward to it, and hopefully more people will be kataji by her🙂

    PS. Sami abdi oge aya opat-lima kecap dina lirikna nu boro-boro terang hartosna, kakara apal aya kosakata kitu dina basa sunda ge nya pas ngadenge laguna :))

    1. Abdi mah apal tina lagu balada sirkus heula. Kataji karek apal dina yutub jeung konser na, Kang. Muhun di salah satu acara tipi, Yura teh nyebatkeun bade terus nyieun lagu sunda ala Yura. Ceunaaaah sih kitu.

      Ps : kang, ini bahasa sundanya bener apa engga hahaha aku ngasal aja, tapi mungkin agak kasar😛

  3. Pertama kali dengar suara Yura pas nyanyi Balada Sirkus. Habis itu yang sama Glen, trus Kataji. Lihat live performance di acara Sarah Sechan NET TV… Lagunya nggak mudeng tapi keren…
    Btw dulu pernah ada yang nyunda ngejazz, Trie Utami sama grup Krakatau… Cari aja di internet pasti nemu…

    Sik…sik… Satu lagi. Jadi penasaran sama si Anu? Dia Anupam Kher yang aktor India botak apa Anu Malik yang musisi? Wkwkwk#abaikan😀

    1. Samaaa aku juga taunya balada sirkus dulu dari radio. Terus nyari tau di yutub deh lagu lainnya hehehe. Wah trie utami dan krakatau, itu mungkin jaman aku masih kecil kali ya😛

      Anupam Kher gatau yang mana. Anu Malik juga gatau. Hiks. *googling dulu*

  4. Tau Yura karna pas kapan itu manggung bareng frau pas aku lagi seneng senengnya dengerin frau yg “sepasang kekasih yang pertama bercinta di luar angkasa”

  5. Malah jadi tau mukanya (dan jadi ubek2 youtube gara2 postingan ini) . Sering denger lagunya di radio tapi ga ngeh kalau ini Yura dari The voice Indonesia. Lagu yg kataji ini pas didenger emang asik ya walau gue ga mudeng. Anyway, nampaknya ini komen perdanaku di blogmu…salam kenal ya Aulia 😊

    1. Aku juga gak ngeh kalau dia keluaran The Voice, tapi pas baca artikel tentang awal mula karir nya Yura naaah baru tau deh dia jebolan sana hahaha. Salam kenal juga ya mba Jooo. Eh manggil mba atau kakak atau apa nih? hehehe

      1. Iya seingatku yg the voice jaman di indosiar kok ga ada yg jd penyanyi terkenal ya soale aku lumayan ngikutin dulu…eh ternyata si Yura ini.

        Mbak..kak terserah asal jangan Mas aja…. *walau iyaa akohh sedikit berkhumizzzz kakakkk…hahahaha aibbb* nice to read ur blog anyway 😊

  6. Kataji itu pake bahasa sunda gitu yaa kakFasya?? Kalo aku dengerin mungkin cuma ngangguk-ngangguk karena nggak paham liriknya #Lahhh saya jawa asli….. Etapiii, aku belum bisa move on dari lagu nya yang cinta dan rahasia, buaguussss beneerr😀

    1. Iya bahasa sunda, Tin aku pun yang asli sunda gak ngerti2 amat sama bahasanya😛 waaah iya cinta dan rahasia emang bagus, nonton yang live nya di yutub deh, seru2.

  7. Waanjiiir keren banget. Ini nih salah satu contoh musisi yang gak ngikuti pasar. The real of musisi. Musik sunda di jadiin jazz. Keellaaas.

    Belum denger sih. Kalo udah sampe rumah langsung gue dengerin deh.

  8. Wah ini lagu sering denger klo lg macet, hehee tapi sekarang udah jarang diputer di radio lg. Btw salam kenal🙂

  9. Waaa Yura. Aku baru dengerin yg cinta dan rahasia.
    Berawal dari tatap belum sih. Heheee

    Oalah. Kenapa berantem sama si anu, Sya?😀 Jadi nggak nonton konser Yura gini kan.
    Kataji. Kereeeenn. Musiknya nagih.
    Aku apalagi. Nggak tau artinya :’D
    Tapi lagunya enak didengerin. Uwuwuww

    1. Banyak lagu yang enak sih dari Yura, boleh didengerin yang lainnya😀

      Iya berantem, biasalah kehidupan~ hahaha. Sayang banget emang gak nonton huhu, cuma yoweslah😛

  10. kayaknya ini lagu jazz sunda pertama ya …. alus pisan …
    saya aja bingung ngederin kata2nya … kalau ga ada teks-nya tambah susah dimengerti … hehe maklum orang sunda kw … saya yakin meskipun banyak yang ga ngerti .. tapi tetep enak banget didengerinnya … sama seperrti dengerin lagu barat . enak didengar tapi ngga ngerti apa sih artinya😀

  11. Baru tahu kalau Yura Yunita dari The Voice Indonesia season 1. Nerusin tradisi ajang pencarian bakat nyanyi ya, bukan pemenang tapi lebih terkenal dari sang pemenang.
    Lagunya bagus, tapi saya ga paham, soalnya ga bisa bahasa sunda😀

    1. Biasanya gitu ya mas, bukan pemenang tapi terkenal hahaha😛 sama sih aku juga gak terlalu paham, itu bahasa sundanya halus banget nget nget nget.

  12. Saya cuma tau yang feat sama Glen. Glen Alinski. Emaap..

    “Jangaaaannn ….”

    Lagi blogwalking pake hape. Nanti dulu deh dengerin musiknya. Tentang cewek yang tetep terpikat meskipun cowoknya nggak serius. Hmm. Ini pengalaman Yura, kah? Haha. Kasihan. 😦

  13. Demi apa aku baru tau yura yunita…bukannya si gembulnita akakk
    Dan baru tau kataji itu bahasa sunda
    Wuiihhhh, berarti eksistensi dia di the voice bisa dibilang ga terlalu tenggelam ya, soale jujur aku ga tau pemenang2nya huhu

  14. Yura aku juga tau pas di The Voice Indosiar😀, ehh bener kan dulu The Voice ada di Indosiar waktu pertama tayang? hihi..
    Aku juga suka banget sm si Yura ini, enak dengernya🙂

  15. Baru ngeh kalau Yura jebolan de pois.
    Kemungkinan lagu dengan bahasa daerah kurang diminati sama generasi muda kayaknya karena aransemennya itu-itu aja, ya. Coba kalau dibawakan dengan aransemen yang lebih modern. Tapi juga harus dimulai sama yang muda.

    Tau Yura awalnya dari sarah sehan di net. Udah jarang nih dengerin radio…

  16. Aku suka banget sama yura lagu-lagunya juga enak apalagi yang berawal dari tatap duh enak bangettttttt <3<3 lrik dan musiknya pas banget deh haha. suaranya merdu lagi teh hehe

Leave a Reply

