Dan Lain Lain

Hidup Memang Tentang Perubahan

Hidup memang tentang perubahan.

Ada banyak orang yang datang untuk hidup kita, kemudian pergi begitu saja. Ada banyak orang yang menetap, mempertahankan hal-hal yang sudah ada, tergeser akan perubahan tapi tetap diam di tempat bersama kita. Ada banyak peristiwa yang terjadi, di hidup saya, kamu, kita semua. Satu persatu meninggalkan jejak yang tertinggal walau bentuknya tak berwujud. Hanya berupa angan, pikiran, kenangan, bahkan perasaan – yang terkadang orang lain tidak pernah tahu seperti apa rupanya.

Hidup memang tentang perubahan.

Pertanyaannya, perubahan ke arah lebih baik atau buruk? Walau pada kenyataannya, baik – buruk di mata manusia memang tidak sepenuhnya demikian. Semua dipenuhi alasan, dipenuhi sebab akibat, dipenuhi rasa yang kadang terlalu tinggi untuk kita nilai baik – buruknya. Tapi ya beginilah kehidupan.

Hidup memang tentang perubahan.

Usia yang semakin bertambah. Status yang berubah. Pekerjaan yang silih berganti. Pertemanan yang baru, lama, keduanya menanti pergi. Keluarga yang diawali sendiri, berdua, mempertemukan antar keluarga, menjadi satu kesatuan, lalu beranak cucu hingga mati. Tempat tinggal yang berpindah, bersama orang tua, mertua, sendiri, berdua, ngontrak, bahkan numpang. Semuanya dipenuhi perubahan.

Tapi, yang harus kita lakukan adalah adaptasi.

Kapanpun, dimanapun, setiap hari, setiap waktu, tiada henti, mengenal, mengerti, memperhatikan, tiap-tiap apa yang ada dalam hidup kita.

Karena adaptasi seperti kunci. Kita bisa membukanya pelan-pelan, terburu-buru, atau bahkan kita tidak bisa melakukannya. Lalu kita membutuhkan orang lain untuk membantu.

Begitulah, kita, yang menemukan banyak perubahan dalam hidup, yang terkadang tidak siap bertemu perubahan, yang terkadang menyisakan sepotong anak rindu, yang diam-diam tulisan ini sudah dibaca oleh kalian dan tertulis tanpa ada paksaan.

Nb : sayangnya kolom komentar di tiadakan. Thanks, udah baca.