Cuma Opini

Presiden dan Youtube

“Presiden ngapainΒ  sih ngevlog?”
“Aelah itu anaknya juga ngapain sih bikin video alay amat”
“Kasian ya Jokowi gak punya kerjaan lain”
“Bodo amat ye, kambing Jokowi ngelahirin terus divlog segala”

Itu adalah beberapa reaksi negatif perihal Pak Jokowi yang sekarang sudah memasuki dunia youtube – begitupun dengan Kaesang, anak keduanya Pak Jokowi yang sudah lebih dulu memasuki per-youtube-an. Sebut aja sebagai youtuber atau vlogger. Tapi, selain komen negatif yang tertera diatas, tentu ada juga komen positif yang memberi dukungan, bahkan memberi saran agar video pakpres lebih baik lagi kedepannya.

Nah, kalau menurut saya sendiri gimana? Oke, saya akan menuliskannya disini secara terbuka, tajam, dan mengupas segala opini yang ada dikepala saya ini. Plis stay tune! (GILEEEE KEK YUTUBERS BIKIN PIDIO YE!)

———————————–

Meliput Kunjungan Pak Jokowi

Sebelum pakpres masuk ke dunia yucub, nama-nama yucubers diluar sana tentu sudah bertebaran. Saya juga salah satu yang menikmati video-video yucubers dan (kadang) membuatnya. Nah, beberapa bulan kemarin saya nonton video beberapa yucubers – dimana mereka diundang oleh pakpres untuk mengikuti kegiatan pakpres selama beberapa hari.

Yucubers itu adalah Agung Hapsah, Kevin Hendrawan, Arief Muhammad, Bayu Skak dan Bobi dari Cameo Project. Mereka berlima gak langsung disatukan dalam satu event. Kevin bareng Arief menuju Manado dan NTT. Sedangkan Bayu, Agung dan Bobi barengan untuk menuju Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Sekarang saya mau share video dari Kevin dan Arief waktu mereka meliput kegiatan pakpres ke Manado dan NTT.

Video versi Kevin Hendrawan. Kevin menyampaikan narasi di video ini tepat saat dia berada disana. Buat yang mau lihat saat ngevlog bareng pakpres dengan pengambilan gambar yang banyak, bisa banget lihat video ini.

Video versi Arief Muhammad. Arief menjelaskan videonya dengan narasi tambahan sambil sesekali menunjukan scene saat dia ngevlog bareng pakpres. Salah satu yang seru dari video Arief adalah dia banyak berbicara dengan orang-orang yang ada di sekeliling pakpres: ada paspampres yang masih muda (dan ganteng), bupati, gubernur, warga sekitar dan juga istri pakpres (Bu Iriana) – yang ternyata malu-malu-lucu.

Oke, Manado dan NTT yang sudah dikunjungi sama Kevin dan Arief. Sekarang coba kita lihat video versi Bayu Skak, Bobi, dan Agung Hapsah yang berkunjung ke Kalimantan. Cuuus!

Video versi Bayu Skak. Sebenernya Bayu bikin dua video, karena dia memisahkan videonya sesuai hari saat disana. Kalau isi videonya, hampir sama kaya Kevin, Bayu menyampaikan narasi di video ini tepat saat dia berada disana.

Video versi Boby Cameo Project. Boby menyampaikan videonya dengan cara seolah-olah dia gak suka dengan pakpres. Tapi dilanjut dengan tambahan narasi yang jelas, bersemangat, dan tentuuu lucuuu!

Video versi Agung Hapsah. Kamu akan menemukan narasi dari Agung yang SUPER BAGUS. Beneran! Saya gak ngerti kenapa dia bisa membuat narasi sebagus itu, setenang itu, dan gak lupa pengambilan gambar yang keren ditambah editan video yang… kece pula!

Dari semua video diatas, saya menemukan bahwa jadi pakpres itu se-le-lah dan se-ce-pat itu. Ya, gerak cepat dari satu tempat ke tempat lain, belum lagi pakpres yang hobi menyapa masyarakat membuat paspampres (pasukan pengaman presiden) yang harus memastikan pakpres terlindungi. Persamaan dari kelima video diatas adalah, yucubers mengakui sama-sama capek dengan kegiatan kunjungan pakpres yang seharian (full) itu dan mereka sama-sama punya scene lari – supaya gak ketinggalan rombongan pakpres. Hahaha πŸ˜›

Dimata saya, siapapun dibalik ini – siapapun yang mengajak yucubers untuk meliput kegiatan kunjungan pakpres ini, mereka sudah melakukan hal yang tepat. Kenapa saya bilang “siapapun?” – karena saya tidak benar-benar tahu apakah benar pakpres yang mengajak secara langsung, ataukah ada team di belakang pakpres yang mencetuskan ide ini. Tapiii, ini sangatlah menarik dan luar biasa!

Diantara banyak media dalam negeri diluaran sana, tapi mereka memilih yucubers. Ya, yucubers memang bisa jadi salah satu media – yang tentu transparan dan apa adanya. Maksudnya adalah bisa menjadi diri mereka sendiri, tanpa harus dibuat-buat, tanpa harus belaga “wah liputan nih, harus formal” – enggak. Dengan mengajak yucubers, yang dimana mereka bisa menyampaikan isi video ini dengan ciri khas masing-masing.

Undangan Makan Siang dari Pak Jokowi

Nah, sebelum ada video-video diatas. Bahkan pakpres mengajak puluhan yucubers untuk makan siang di Istana Presiden. Gilak! Yucubers menjadi salah satu bagian yang pakpres hormati atas karya-karyanya, sampe-sampe beliau mengundang dan memberikan waktunya untuk berbicara, berdiskusi, makan siang, dengan para yucubers. Walaupun tentu ada maksud dan tujuan dari hal ini, tapi tetep aja buat saya sih ini cukup keren. Gak gak, gak sekedar cukup, tapi keren banget malah!

Ini ada beberapa video waktu para yucubers diundang ke Istana Presiden. Videonya memang pendek-pendek, tapi begitu berkesan dan yang ada dipikiran saya adalah : seru amat biasanya yucubers collab sama yucubers lain, eh ini sama pakpres! πŸ˜›

Satu kata buat video-video diatas : SERUUUUUUUUUUUUUUUUU!

Eh tulisan ini masih berlanjut. Masih mau baca gak? Atau mau close? Hehehe~

Bercandain Pak Jokowi Lewat Video

Selain perihal ajakan atau undangan pakpres kepada yucubers, jauh sebelumnya (gak jauh-jauh amat sih)Β  saya dibuat ngakak pas lihat video Tim2one – ChandraLiow yang collab bareng Reza Oktovian dan Agung Hapsah. Mereka membuat video “Vlog Pertama Presiden Jokowi”. Lucuuu paraaah! Sebelumnya saya mikir sih, “ini pakpres dijadiin bahan bercandaan seru amat, eh tapi pakpres kenapa-napa gak ya dijadiin bahan bercandaan, dan pikiran lainnya”. Tapi pikiran itu hilang karena diakhir video, mereka minta untuk penontonnya ngasih tau Kaesang (anak pakpres) untuk nonton video tersebut dan kasih liat bapaknya.

Seminggu kemudian (kalau gak salah), Kaesang dan pakpres nonton videonya dan sebulan kemudian,Β  Chandraliow, Reza Oktovian ngajakin Kaesang untuk bikin video bareng! Niceee! Kedua video tersebut bisa dilihat dibawah sini. Saya sih ngakak, gak tau kalau kalian~

Ternyata saya udah banyak share video-video yucubers yang berhubungan dengan pakpres ya hehehe, sekarang saya mau share perihal channel youtube dari pakpres (juga anaknya).

Pak Jokowi Beneran Nge-Vlog

Sebenarnya, akun youtube pakpres gak melulu vlog, ada juga kegiatan kerja lainnya. Tapi memang, yang tersorot oleh media adalah bagian video #JKWVLOG. Iya, hastag itu adalah hastag yang berarti videonya berisi pakpres memegang kamera, berbicara depan kamera, sambil menunjukkan apa yang sedang dilakukannya. Biasanya durasi video hanya 1-3 menit saja. Beberapa video #JKWVLOG yang sempat viral adalah kelahiran anak kambing milik pakpres, waktu makan siang sama Raja Salman, dan makan bakso di Ambon. Ketiga video tersebut, viewers nya paling banyak dibandingkan video-video yang lain.

Kenapa paling banyak viewers? Karena menarik! Karena unik! Itu adalah sebagian kecil, sebagian menit, dari hidup pakpres yang sibuknya luar biasa untuk ngurusin negara.

Kenapa komen negatif muncul di video-video tersebut? Karena mereka hanya melihat satu sisi, hanya melihat vlog tersebut tanpa nonton video yang lain.

Terlebih, dimata saya, adanya akun youtube papkres dan meminta pakpres untuk ngevlog adalah bagian dari rencana yang sangat menguntungkan. Masyarakat bisa melihat sisi lain presidennya, begitupun sebaliknya, pakpres bisa lihat respon masyarakat terhadapnya dari komen-komen yang masuk.

Bukan cuma tentang komen negatif, kalau kamu lihat video-video tersebut, kamu akan menemukan banyaaaaak sekaliiii komen positif. Bagaimana respon masyarakat terhadap pakpres, bagaimana cintanya masyarakat kepada presidennya, bagaimana penilaian terhadap videonya, bagaimana masyarakat berargumen membela presidennya walau hanya lewat kolom komentar, dan masih banyak lagi. Keren.

Kaesang dan Kelakuan Absurdnya

Selain akun youtube pakpres, ada juga akun youtube Kaesang – dengan gayanya yang khas (sedikit senyum, ngelucu tapi eskpresinya datar) sering memposting videonya bersama Bapak – begitu sebutannya kepada Bapaknya, Jokowi – yang seorang Presiden.

Beberapa video viral Kaesang adalah adu panco bersama bapak, pakpres cukur rambut, dan juga lari sore bareng bapak. Kadang ada yang bilang video Kaesang ini gak penting, gak bagus, alay, dan lain lainnya.

Tapi buat saya, Kaesang cukup membuat citra dirinya – juga Bapaknya – begitu baik dan terkesan santai. Kualitas ide dan gambar mungkin gak sebagus video yucubers lain, tapi nilai menariknya bukan itu. Sebagai anak pakpres, Kaesang menunjukkan bahwa dirinya memang demikian, tanpa harus di ada-ada. Toh, kalaupun Kaesang bukan anaknya pakpres lalu dia bikin video-video tersebut, sama aja kaya yucubers lain ya kan. Sama-sama bikin video πŸ˜›

Kayfain, sekian nih opini dari saya perihal Presiden Jokowi yang memasuki dunia youtube. Kalau ada yang nanya dalem hati “Kok tulisannya panjang banget Fasy?” – karena, saya gakmau memberikan opini hanya dari satu sisi, misal hanya nonton dari akun youtube pakpres.Β No no. Ada banyak video dan alur cerita sebelum kita menyampaikan sebuah opini. Jadi… inilah opini saya.

Eh bentar-bentar, ini kan opini saya perihal Presiden dan dunia peryucub-an nya. Kalau menurut kalian gimana? Tulis dikolom komen doooong~

Nb : Ada beberapa tulisan yang sengaja ditulis demikian. Contoh : Presiden Joko Widodo – hanya saya tuliskan “pakpres” saja. Youtubers, saya tulis yucubers. Atau yang lainnya.

Nb (lagi) : TERIMAKASIH YANG BENERAN BACA SAMPE AKHIR. LAFYU! ❀

Advertisements

43 thoughts on “Presiden dan Youtube

  1. Cuma agung hapsah yang aku tonton sampe beres haha. Kalo yang lain mah setengah menit udah males duluan. Keren dia, salah satu yang jenius di Indonesia. Sinematografinya keren, niat banget. Wkwk.
    Kalo saran buat pak Jokowi mah, blokir aja YouTube, banyak konten sampah, reupload, adu domba, dan kak fasy juga lebih tau lah yah hehe. Kadang suka miris kalo ngebandingin sama Vimeo, beda jauh banget ya Alloh:”

    1. Hahaha aku sih karena ada pakpres nya jadi tertarik buat nonton, tapi kalau yang video kunjungan, memang yang favorit video nya Agung, narasinya ngena banget.

      Waaah hafal banget nih kayanya perihal vimeo, aku gak suka liat vimeo jadi gak bisa ngebandingin, tapi makasih loh infonya, jadi tauuu sekarang hehehe.

  2. Wah riset mendalam sekali ini ka =”)

    Menurutku ini yang namanya mengikuti perkembangan zaman. Eksistensi presiden nggak akan tertelan di tengah keadaan yang ada sekarang. Mungkin ya kritik yang muncul adalah akibat dari beberapa pandangan konservatif yang menganggap kurang wibawa saja untuk seorang presiden ikut larut dalam menaiki arus teknologi seperti youtube. Paradigma yang terbentuk sudah mematok kalau itu tak pantas. Kalau mau dibandingkan barangkali mirip dengan SBY yang doyan nyanyi kali ya haha..

    Maju terus Pak Jokowi! Semoga amanah yang diemban tetap baik terjaga hingga akhir kepemimpinan =)

    1. Nah itu dia, kayanya masyarakat emang gitu deh, SBY nyanyi bikin album pada nyinyir, Jokowi ngevlog nyinyir juga hahaha (lah bentar, kan kita juga masyarakat yak) πŸ˜›

      Tul Fadeeel, semoga amanah nya tetap berjalan, kerjanya tetep baik, urusan sepele kaya ngevlog mah dibawa seneng aja liatnya~

  3. Blm pernah nonton satupun video2 di atas & post ini kayaknya belum berhasil menggoda saya hehe.
    Klo online hampir selalu buka youtube, tp saya plg malas mampir ke chanel yucubers lokal. Too much cringes & terlalu narsistik menurut saya. Diantara channel para yucubers di atas cm Cameo Project yg beberapa videonya bs saya nikmati.

    Soal si Kaesang ngeksis lewat youtube ini saya santai saja. Jauh lebih baik drpd anak presiden yg dulu minta dibuatin perusahaan mobil sama bapaknya terus dilabeli “mobil nasional” padahal bikinan Malaysia & Korea

    1. Postingan ku gak maksud godain orang buat nonton kok hahaha. Cameo dulu2 masih suka nonton, pas mereka keseringan masuk tipi jadi udah gak terlalu tertarik. Godain dong biar aku tertarik (lah)

      Anak presiden yang minta dibuatin mobil siapose ih? Aku ndak tau πŸ˜₯ bentar yak googling dulu hahaha πŸ˜›

  4. Aku lama ga nontonin vlog-vlog di yutuuuub ._. baru tau kalau youtubers pada diundang pak pres πŸ˜€ nais deh yaaak πŸ˜€

    Pak Pres kalau ke Bandung, FasyaandFriend diundang juga atuhlah buat mengawal beliau ~ lalalala

  5. Kalau menurutku unik, sih. Kayak ada anak guru yang biasanya dicap lempeng-lempeng aja, kerjaan belajar mulu, tapi suka main PS di rental juga. Eh, gimana ya? Ya begitu deh pokoknya.

  6. Ah bagus kok vlog-nya. Kenapa pada pikir negatif yah?
    Ya gampangnya kan kalo gak suka, yowes toh ndak usah diliat.
    Ndak usah bicara yang jelek-jelek, supaya ndak dosa juga.
    Gitu aja kok repot…
    Ya ora?

    1. Hehehe orang nonton karena penasaran juga mungkin ya, bukan suka atau gak suka nya. Kalau komen negatif mah kayanya susah dihindari deh, setiap hal apapun itu pastiii aja ada πŸ˜›

  7. sekarang sudah era digital .. oke banget pak presiden berkomunikasi dengan rakyatnya sesuai trend komunikasi yang terjadi.
    Semua kegiatan positif .. saya mah dukung habiss …

  8. Hahaha kaesang emang kocak. Coba baca-baca blognya deh sya. Di situ juga ngawur abis. :)) (Oke, padahal lagi pembahasan video). Tapi kebanyakan video di atas daku sudah tonton juga. Yang belum cuman yang arief sama Kevin. Seru-seru yaa. Muahaha.

    1. Kadang ngevlog sih mba, buat tambahan dokumentasi fasyaandfriends.com tapi ya gituuu ga rutin kok hahaha. Hayuk mba ngevlog, apalagi suka traveling, pasti seruuu πŸƒ

  9. Dari semua yang di-share, aku cuma nonton Agung Hapsah. Dasar irit kuota! Wqwq. Eh, tapi Agung itu emang selalu keren di video-videonya. Narasi dia soal membagikan buku tulis, yang mana itu kertas kosong dan kudu ditulis dengan tinta udah macam puisi. Diksinya mantap!

    Gak usah makasih gitu. Aku mah anaknya selalu baca sampai habis. Emang doyan baca, kok. Halah!

    1. Keren yaaaak ku syukaaak narasi nya Agung Hapsah. Yang lain ku tonton karena kepo sama Jokowi dan tentu ingin ngebandingin sama yucuber lain yang ikut kesana hahaha.

      Atuh ih makasih mah gak terbatas kok, jadi kalau panjang aku bakalan tetep nulis gitu πŸ™πŸ™πŸ™

  10. Aku kudet banget nih, nggak ngertiii kalo bukan adik Fasya yang tulis :’). Sebagai netizen yang budiman kumerasa sedih..

    Aku tonton dulu aja deh dari link2nya biar mudeng huahahha.

    Eh, Kaesang emang lucu! Seminggu lalu aku nonton Cek toko sebelah yang diputer di melb waktu lagi tour. Ngakak liat ekspresinya :)))

    1. Yauda sekarang mayan ya udah tau, jadi predikat netizen budiman masih bisa disandang dengan baik oleh mba bund hahaha.

      Bener lucunya tuh karena ekspresinya gituuuu ya, datar banget kaya triplek wkkk

    1. Hahaha iya kurang dari 10 menit tapi ngena banget narasi nya. Setuju 100% Rissaaaa! Buat yang gak suka lihat berita, liat vlog macem begini jadi sangat terbantu.

  11. aku udah liat dari 3 video bayu, agung, dan satunya lagi itu siapa gitu lupa aku. Hahaa.
    Cowok aku suka yang aku lupa namanya ini, katanya lucu. Tapi aku paling suka sama agung.
    Keren gitu.
    Pake narasi segala kan, rapih.

    Duh ngefans banget sama presiden awak yang ini kaaaak. Gaul dan down to earth abis.
    Waktu kecil pengen banget ketemu presiden. Tapi aku bisa bikin prestasi apa biar bisa ketemu beliau?
    Sekarang kalau mau ketemu presiden. Jadi youtuber yang berbakat dan menyebarkan kebaikan ajah wkwk Eaaa

    1. Bobi Cameo Project ya? Iya emang lucu dia. Eh jangan lupa juga liat video tim2one yang vlog pertama jokowi, lucuk juga itu hehehe.

      Ah kamu mah suka banyak mau, kalau ketemu juga paling mau minta sepeda yakan? Wkkk. Sebutin dulu 5 nama ikan baru nanti dikasih! *fasya jubir pakpres* πŸ˜›

  12. Ngevlognya sih ga salah.. cuma waktunya aja yang ga tepat.. suasana negeri ini lagi carut marutnya.. banyak persoalan yang harus diselesaikan.. seperti kasus ahok.. kasus E KTP.. reklamasi.. nasib freeport.. dan masih banyak lagi kasus2 lainnya.. belum lagi masa depan petani kendeng yang terancam kehilangan mata pencahariannya karena akan dibangunnya pabrik semen disana..

    Nah tapi apa tanggapan pakpres yang terhormat terhadap hal2 tersebut ? Dengan santainya beliau hanya mengatakan ” semua urusan jangan selalu ujung-ujungnya ke saya “, eh abis berkomentar seperti itu beliau malah bikin video lahiran anak kambing..

    Saya terus terang merasa miris, jikalau memang pakpres ingin bersantai atau hanya sekedar menyalurkan hobinya alangkah baiknya dilakukan jika memang kondisi Indonesia sudah adem ayem.. bukan saat panas membara seperti sekarang..

    Damai Indonesiaku..

    1. Waktu yang tepat kira-kira kapan ya mas? Soalnya negara ini pasti ada berita setiap harinya, ada kasus tiap harinya. Mau nunggu adem ayem juga susah karena reda satu, timbul kasus lainnya. Terus aja gitu gak selesai. Yaiya namanya juga negara kan pasti ada masalahnya terus2an. Dan, video jadi salah satu yang diminati banyak orang pun lagi hits nya 2 tahun terakhir ini. Nanti kalau bikin video nya pas udah gak diminati banyak orang, sayang gak ada yang nonton dan tujuan ada akun yucub nya jadi gak bermanfaat.

      Bahkan yang aku lihat, isi akun youtube beliau bukan tentang pakpres “santai dan menyalurkan hobi” kok. Bahkan kayanya, hobi beliau bukan ngevlog deh (kayanya ya) soalnya bisa jadi ini salah satu ide dari team nya pakpres untuk bisa share ke masyarakat. Lagi pula, pakpres ngomong depan kamera biasanya cuma 1 menit doang hahaha.

      Anyway, 5 video awal yang aku share diatas ngeliatin kerjaan pakpres selama 3 hari full. Kadang di videonya Kaesang ada keseharian pakpres juga. Akun youtube pakpres juga vlognya cuma 3, sisanya bukan vlog. Tapi video lainnya. Udah di lihat belum mas? Barangkali kepo bisa dilihat yaaa.

      Salam damai juga πŸ™‚

      1. Sekarang kan pantas ga beliau bikin video seperti itu dengan kondisi negara yang seperti ini.. pantas ga beliau memamerkan “kebahagiaan” nya ditengah2 masalah yang menimpa negeri ini.. kalau beliau mau beternak kambing atau beternak apapun itu terserah beliau.. hanya saja apakah mesti dipamerkan ke publik.. jadi kan kesannnya beliau tidak memperdulikan masalah yang sedang melanda negeri ini..

        Itu saja kok mbak..

  13. Aku termasuk yg bakal kasih komen positif karena… Pak Jokowi itu keren banget bisa down to earth dan merangkul banyak anak muda kreatif begini. Sukaaa πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s