Cuma Opini

#MemesonaItu

C3

Pesona/pe·so·na/ n daya tarik; daya pikat
Memesona
/me·me·so·na/ v sangat menarik perhatian; mengagumkan

———————————–

Pesona Belum Tentu Memesona

Kalau dilihat dari arti di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), menurut pandangan saya, berarti pesona dan memesona punya pemahaman yang beda. Pesona belum tentu memesona. Kenapa? Karena pesona hanyalah daya tarik dari diri kita sendiri, apa yang kita tonjolkan, apa yang kita tunjukkan, apa yang kita perlihatkan ke orang lain. Nah, hal-hal tersebut belum tentu dianggap memesona oleh orang lain. Kenapa? Karena memesona ini perihal sudut pandang dan selera dari sesuatu yang menarik perhatian (orang lain).

Boleh setuju, boleh engga. Tapi pesona orang lain belum tentu bikin saya tertarik. Begitupun sebaliknya, pesona diri saya belum tentu membuat orang tertarik.

Tentang #MemesonaItu…

Bisa dilihat hanya dari satu sisi atau banyak sisi. Secara pribadi, menurut pendapat saya, memesona itu saat seseorang bisa menjadi menyenangkan untuk orang lain. Kita boleh punya fisik yang terlihat cantik atau ganteng. Kita boleh punya hati yang lembut selembut kain sutra termahal di dunia (yaelah) hahaha. Atau, kita pun boleh menunjukkan kecerdasan, kekreatifan, serta keahlian diri kita. Tapi, belum tentu kita bisa jadi seseorang yang menyenangkan buat orang lain.

Menyenangkan memang bukan tentang humoris saja. Tapi biasanya yang menyenangkan bisa jadi menenangkan, yang menyenangkan bisa jadi mudah dirindukan. #ashek. Kalian pasti pernah ketemu seseorang yang menyenangkan (versi diri sendiri) – terus pas pulang ngerasa tenang dan beban hidup jadi hilang walau sebentar. Abis gitu langsung jadi ingin ngulang lagi, jadi ngerasa kangen, dan ingin ketemu lagi.

Pribadi yang Menyenangkan

Dalam KBBI, menyenangkan termasuk dalam hal memuaskan hati. Kebayang gak sih, diluar sana ada orang lain (teman, keluarga, kerabat, dsb) yang terpuaskan hatinya, merasa senang sesaat, setelah ketemu sama kita. Padahal kadang, kita suka ngerasa “kita mah apa atuh cuma butiran debu”. Eits, jangan sedih dan murung. Dengan butiran debu, kita jadi tahu untuk membersihkan sesuatu dan menjadi lebih baik.

Ini napa jadi bahas butiran debu 😛

Buat saya, menyenangkan diri sendiri adalah keharusan, dan menyenangkan orang lain adalah kelebihan. Kalau diantara kalian ada yang baca dan bertanya-tanya “terus harus gimana jadi pribadi yang menyenangkan itu?” jawabannya adalah yang tetap menjadi diri sendiri tanpa memaksakan area humor kamu untuk masuk ke area humor orang lain.

Yang kata kita lucu, belum tentu kata orang lain. Jadi, menyenangkanlah tanpa harus memaksakan. Lagi pula, jadi pribadi yang menyenangkan itu gak harus masuk ke area humor kok. Dengan kamu masuk ke pembicaraan orang lain dengan tepat, mengeluarkan ide/pendapat tentang suatu hal, memberi saran untuk orang lain, jadi pendengar yang baik saat orang butuh cerita, tersenyum dari jauh sama temen/tetangga yang sebenernya gak deket banget sama kita, atau apapun celah yang kamu tahu bahwa itu adalah hal baik yang menyenangkan.

Receh ya? Iya. Dari hal-hal receh bisa jadi kita dinilai orang lain bahwa kita menyenangkan dimata mereka. Tandanya, itu adalah diri kamu sudah mampu memesona mereka. Menunjukkan banyak pesona memang perlu, apalagi dengan potensi yang kita punya, tapi tetaplah jadi yang mengagumkan diluar dari profesi kita, kelebihan fisik kita, barang apa yang kita sedang pakai atau apapun itu.

Lalu, apakah saya menyenangkan?

Pertanyaan diatas akan dijawab dikolom komen oleh teman-teman dan pengunjung blog ini, kalau semisalnya ternyata saya gak menyenangkan, ya ampun saya minta maaf loh. Kenal lebih deket aja, gimana? Barangkali kalau lebih deket jadi seneng tiap hari? Wkkk.

Tapi, percaya deh walau memesona dimata saya menjadi pribadi yang menyenangkan. Tapi, mungkin aja pendapat orang lain diluar sana akan pesona diri saya bukan tentang itu. Bisa saja dengan saya menjadi blogger, itu jadi salah satu yang memesona dimata orang. Atau mungkin hal lainnya yang saya gak tahu. Yang jelas, apapun pesona, apapun potensi, apapun yang kita lihatkan ke orang lain, semoga itu sesuatu yang positif dan membawa orang lain untuk positif juga.

Nah, tulisan memesona versi saya udah saya tulis, kalau menurut kalian apa arti #memesonaitu? Apa sih yang dilihat memesona dari orang lain? Share dikolom komen yaaak~

#MemesonaItu

Advertisements

51 thoughts on “#MemesonaItu

  1. Memesona itu mampu jadi teman bicara yang menyenangkan. Dan tidak dibuat-buat atau tulus. Juga penting untuk terbuka dan menjadi diri sendiri sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang lain.

  2. ikutan Memesona deh,
    secara pribadi sih saya selalu terpesona sama aktivis apapun itu, terlebih aktivis sosial yang totalitas banget. liat mereka yang jarang keberadaannya itu kaya liat orang berjalan di arah yg benar, tapi sendirian dan jadi pengen ikutan, walo sampe saat ini belum kesampaian.

    menjawab pertanyaan kamu yang terakhir, kamu menyenangkan dari segi tulisan, di dunia nyata nggak tahu kaya apa. moga sih lebih ekspresif yah.

    1. Woooo ketje, aku jadi keinget aktivis2 dibalik “aksi kamisan”, selama bertahun2 tetap teguh pendiriannya. Dan, makasih pujiannya nyonjooot! Walau ujung2nya minta traktir 😛

  3. Pesona itu adalah daya tarik seseorang. Dan memesona adalah tahap selanjutnya dari pesona, yaitu saat pesona itu meradiasi orang lain 🙂 #eak #matija wkwkw

  4. Kalo aku #terpesona liat foto kamu… eaaaa. Aduh tulisannya kece banget, adik Fasya.. menurutku kamu menyenangkan, easy going dan “berisi”, semoga kapan2 bisa ketemuan yaaaa 😘

    Btw aku selama ini nulisnya mempesona bok! Salah yaaaak 😂

    1. Walaaac, jadi ena’ nih dipuji hahaha. Bentar mba bentar, itu kata-kata “berisi” maksudnya gimana coba gimana? Ya emang sih aku “berisi” iya, emang, mba, emang. *gak santai* *cek timbangan* *dasar drama*

      Asik diajak ketemuaaan, pasti diajak makan masakan mba Dilaaaa *geer* hahaha.

      1. Hahhaha dasar drama 😂😂😂😂. Iya nanti dikasih makan ayam enak banget deeeh 😋😋😋 *pesenin recheese level 5*

  5. Kalau menurut KBBI begitu, berarti saya sering terpesona sama guru yang rajin masuk kelas deh. Hahaha. Tapi itu semua berubah ketika dia cuma ngasih tugas dan kabur lagi.

  6. Bercak adalah warna-warna memesona. Membaur suara. Dibawanya kegetiran. Begitu asing terdengar.
    Ingetnya malah itu kalau denger memesona. Wuahaha.

    Kayaknya memesona itu lebih ke sebuah pemandangan alam kalau saya, sih. Jarang gunain kata memesona untuk manusia. Wqwq.

    Hm, berarti gak perlu apa-apa komedi mulu ya, Teh? Hal yang menarik emang gak cuma sebuah humor. Oke-oce. Selama kita bertemu rasanya menyenangkan kok. Uhuy!

    1. Yaqin? Memesona kan bisa berarti mengagumi? Tidak adakah sebiji manusia yang bikin Yoga memesona? Hahaha 😛

      Iya apalagi humornya perihal dewasa, itu mah kesukaan kamu wkkkk. Asik, Alhamdulillah, kalau menyenangkan. Jadi ena’

  7. Memesona dan mempesona. Dua hal yang kayanya dianggap sama maknanya oleh orang awam :v well, kalo diminta buat menilai kepribadian kamu. Menurutku kamu adalah tipe orang yang menyenangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s