Keluar Bandung

Trip Pulau Pahawang

Bulan April dapet banyak kado berupa rezeki-rezeki tak terduga dari siapapun dan manapun. Salah satunya, pergi ke Lampung buat nyamperin Pulau Pahawang yang katanya bersih dan ketje berat. CIHUY! Jalan-jalan gratis siapa yang nolak. Selagi bisa dan dapet izin, berangkat laaah πŸ˜›

Perjalanan Pahawang disponsori oleh Biro Psikologi Matahati, dan PT Instudia. Biro Psikologi Matahati ini salah satu tempat saya mengais rezeki sebagai freelancer, sedangkan PT Instudia adalah perusahaan yang mempersiapkan sekolah diluar negeri, khususnya Jerman dan sekitarnya. Boss-boss dari kedua kantor tersebut bersahabat dan kebetulan ngajak team nya untuk liburan ke Pahawang. Gratis.

Maka, berangkatlah saya bersama teman-teman, teteh-teteh dan om-tante semua. Kita berangkat naik mobil pribadi boss-boss itu dengan jumlah 3 mobil dan perjalanan dari Bandung di mulai malam hari, sekitar jam 8an. Perjalanan diisi dengan tidur-bangun-tidur-bangun-tidur, terus aja diulang sampe bosen hahaha. Kalau lancar dan sesuai jadwal, harusnya kita udah sampe Lampung itu pagi-pagi. Tapi, karena antri naik kapal pas di pelabuhannya, jadinya kita sampe Lampung itu siang jam 10-an. Masih harus menempuh perjalanan lagi ke arah Ketapang, dan parkir mobil disana.

Sampe penginapan tuh sekitar jam 2 siang, cuaca panas tapi gak nyengat. Wangi-wangi air laut udah bikin saya seneng. Ternyata Pahawang ini cukup luas ya, ada banyak pulau-pulau gitu. Kemarin, kita nginep di pulau cukuh bedil yang di dalemnya ada tiga villa. Dan pas kita kesini, dari tiga villa itu cuma keisi satu sama team kita doang. Bener-bener privateee! *mungkin yang mau honeymoon, cocok kalik* πŸ˜›

Jarak dari villa ke pantai cukup dekat, jadi bisa bebas mau foto-foto kapanpun tanpa keganggu. Pantainya pun bersihhhh beneran bersih. Airnya jernih, suci, tanpa dosyah wkkk. Nikmatin pantai kaya gini sambil nginjek pasir basah adalah favorit saya. Please kalau honeymoon mau nginjek pasir basah yang lama sama suamik! Terus foto-foto yang banyaaaaak sampe bosen HAHAHA MOGA JODOHNYA BACA INI. Oke sip.

Kegiatan main air di Pahawang memang terkenal dengan snorkeling nya. Banyak spot bagus, ada ikan nemo yang gemesin jugak. Sayangnya, diantara rombongan, cuma saya yang cupu dan gak menikmati snorkeling. Nyobain lima menit, ngerasa gak bisa sekaligus gak tertarik, yaudalah langsung naik ke perahu, terus lebih milih motret. Pas motret banyak moment bagus yang rasanya sayang aja kalau gak ditangkep kamera, gak mau cuma ditangkep sama mata dan pikiran aja. Ehehe.

Saya lupa rombongan kita berapa kali snorkeling, kalau gak salah tiga kali. Di hari pertama sore-sore, lanjut besoknya pagi sampe siang. Abis snorkeling di hari kedua, kita keliling area Pulau Pahawang. Ada pulau pasir timbul yang saat itu sedang pasang, soalnya semalem hujan gede banget! Jadi gak keliatan deh pasirnya. Tapi hujan semalem bikin tidur nyenyak dan dingin sih, enak lah pokoknya~

Abis snorkeling ke beberapa titik (salah satunya taman nemo) dan pasir timbul yang gak timbul, kita pun istirahat di pulau (lupa namanya) hahaha, disana banyak tempat makan dan warung-warung. Bisa sewa sepeda juga buat keliling pulau. Kita jajan kelapa muda dan gorengan bu woles yang ternyata gak woles dan gorengannya laku banget!

FYI barangkali ada yang gak tau, woles = santai. Diambil dari kata “slow” yang artinya lambat, jadi diartikan santai. “slow” ini dibaca “selow” kemudian sama anak jaman sekarang, kata “selow” dibalik hurufnya jadi woles. GILAAAAK PANJANG KAN FILOSOFI NYA. DASAR ANAK MUDA! SI IBUK GORENGAN JUGA, NAPA NAMA WARUNGNYA BU WOLES SIH. AELAH. (nyalahin, wkkk)

Foto diatas jepretan waktu hari pertama pas rombongan abis snorkeling. Huhuhu syantik sekali langitnya. Bisa dibawa pulang gak? Kalau kata Mas Aih (penulis) : diantara sekumpulan awan langit senja, ada cerita romansa yang hanya bisa dirasakan oleh mereka yang sedang jatuh cinta. ASHEK. SYEDEP.

Btw, foto dermaga pas sunset itu adalah pulau private milik Mr. Jo, warga negara Prancis. Pantes aja dermaga nya bagus gitu, fotoable. Eh ternyata gak boleh kesana, karena private. Agak kaget sih, kokΒ  ada pulau warga negara asing disini, sedih juga. Tapi setelah baca beberapa tulisan blog orang, katanya pulau itu gak dibeli tapi dikontrakin selama 20 tahun dan Mr. Jo ngebangun villa disana dan bantu perekonomian di Pahawang juga. Entahlah ya, katanya sih begitu.

Denger-denger sih, pulau yang saya tempati dengan tiga villa (disebut villa kudus) itu juga punya Mr.Jo, tapi lagi-lagi sumber kebenerannya saya pun gatau. Jadi, yasudahlah πŸ˜›

Kita check out dari villa sekitar jam 2-an. Nyebrang ke Ketapang 1 jam-an, lalu langsung berangkat untuk pulang ke Bandung. Sempet mampir ke tempat oleh-oleh dan makan/solat dulu. Karena perjalanan pulang super lancarrrr, kita udah di Bandung jam 5 subuh. Selama 2 hari 1 malam di Pahawang bener-bener super nyenengin! Walau kata orang, saya gak asik karena gak snorkeling, tapi saya tetep ngerasa asik-asik aja. Hehe. Terimakasih untuk semua rombongan yang kemarin ikut, terimakasih jadinya “si fasya anak yang bandung banget dan susah keluar kota” ini jadi bisa jalan-jalan. Ihiy!

Pokoknya, terimakasih teteh-teteh dari Biro Matahati, terimakasih juga Frau dan Herr (sebutan tuan nyonya atau bapak ibu – bahasa Jerman) dari PT Instudia. Syukron, Jazakallah. Sampai bertemu lagi di lain kesempatan! πŸ˜€ Eh ada yang udah pernah ke Pahawang juga? Share dong dikolom komeeeen!

Nb : kita pake guide dari @jejama_adventure, pelayanannya oke banget, silahkeun dikontak barangkali butuh bisa dicek instagramnya ya.

Tips : bawa sunblock dan lotion anti nyamuk.

Advertisements

46 thoughts on “Trip Pulau Pahawang

  1. Selamat datang di Lampung, selamat datang di Pulau Pahawang, yang bikin iri tuh kesana ngetripnya gratis πŸ‘»πŸ˜‚

  2. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA KUMAU KE PAHAWANG LAGIIII HWEEEEEE KANGEEENNN /caps jebol maapin kaka :/

    IYAAA emang bagus banget Pahawang oh men xD
    ke Kelagian juga gak?

      1. aminn,, enak kok klo mau k blitung, apalagi nanti jadi bandara internasional. πŸ™‚ cman ya klo pasya udh biasa di bndung brasa deh, haredang nya,, hahaa,, o iy, satu lagi, kbetulan nih lagi main k blitung liat progres temen bkin kedai kopi di bndung, main lah kemari, hitung2 charge energi, hahaa
        :D:D πŸ˜‰

  3. Kalo bisa jalan-jalan gratis mah emang enak banget. Apalagi dapet uang saku. Apalagi boleh ngajak pasangan juga. Apalagi… apalagi mulu, Mas~

    Wqwq. Filosofi woles sampe dijelasin. XD

    Keren amat ngontrak di sebuah pulau. Langsung untuk 20 tahun pula. Gokil. Yang ngontrak bayar 3 bulan sekali aja susah banget ditagih biasanya~

    1. Anjer banyak maunya ya hahaha. Itu filosofi woles dijelasin karena gak semua yang baca seumuran kita kan, jadi harus menghargai πŸ˜€

      Nah iya, kebanyakan duit apa gimana sih gak ngerti aku juga. Itu pun sumbernya cuma katanya katanya doang, bahkan denger2 dari tetangga sebelah, Mr Jo udah lama gak dateng kesana.

  4. Anjir ini lagi rame banget ya pahawang itu. Beberapa temenku ke sana semua deh kayaknya. Awalnya kirain tuh di mana. Ternyata Lampung ngga jauh-jauh banget… *berangkat naik sepeda*

  5. Wowowoo~ berasa private island ye Sist kalo sepi gitu. Puas banget pepotoan juga ga bakal bochooorr. Btw, SUNSETNYA GILAAAA BAGUS PARAH. *ceritanya tersepona, eh terpesona

    1. (( pepotoan gak bakal bochor )) ATUH TA! Hahahahahahaha.

      Pas kita lagi siap2 mau pulang, baru deh villa sebelah ada yang ngisi. Pas selama kita disana, itu villa dua kosong aja gitu >< untung ramean, kalau dikitan kayanya agak gimana ya hahaha

  6. Waah jadi kangen aku pengen main ke Pahawang lagii
    Hihihi

    Dulu aku kesana ikut open trip itu dan rasanya failed banget menurut aku. Untung ya pada dasarnya pahawang itu bagus, jadi ga nyesel2 amat lah wkwkkw

    Tapi emang open trip mah gitu, resiko harus di tanggung bersama.

    Waktu itu aku ga semet snorkling di bagian yang ada nemonya. 3 kali juga aku snorkling tapi ga bagus bagus amat kayaknya karena tour guidenya ga paham deh mana titik yang bagus buat snorkling .. Hahahaha

    Btw lagi, aku juga baru tau soal Mr. jo.
    Dulu waktu lewat penginapan itu tuh, ga sempet nanya nanya ke guidenya.
    Udah lelah dan kecewaa *halah

    1. Wah kayanya kurang rekomen tuh, aku kemarin pake jejama adventure itu, mereka seru banget. Beberapa kali ganti lokasi snorkeling karena airnya keruh gara2 semalem hujan terus mereka nyari lokasi lain. Hahaha yang Mr. Jo itu emang gak dijelasin sama guide sih, kebetulan karena aku banyak nanya aja jadi deh tau wkkk

  7. Duh.. bermobil dari Bandung ke Lampung itu rasanya kayak apaa. Berasa nggak punya pan*at lagi kayaknya yak saking kebasnya wkwk. Btw beneran deh kak, sayang nggak ikutan snorkeling. Sapa tau bisa ketemu Nemo yang dicari bapaknya. Kan kalau berenang bareng bisa diajak komunikasi 😦

    Doanya semoga honeymoon nya kesampean deh sambil poto2 di pasir putih sana. Main kubur-kuburan di pasit juga, main mayat-mayatan yang ngambang di air laut juga… Amiin

    1. Tapi deket koook, terus kan dijalan tidur ngobrol, berhenti di rest area, terus turun di kapal lalu dikapal tidur2an juga selonjoran. Ga capek koook, ciyus hahaha.

      Iya banyak yang bilang sayang udah jauh2 gini kok gak snorkeling, tapi Alhamdulillah akunya gak ngerasa “sayang” jadinya seneng2 aja. Duh doanya, aamiin ya. TAPI KAGAK MAIN KUBUR2AN SAMA MAYAT2AN GWELAAAA WKKK :))

  8. waaaaa pantainya aesthetic banget pengen juga liburan di pulau macem pahawang apalagi liburannya gratis ya teh πŸ˜†
    nikmat Allah mana lagi yg kau dustakan~

  9. Aku belum pernah ke Pahawang. Padahal dari Palembang ke Pahawang lumayan deket aja. Belom ada yg ngajakin gratis sik πŸ˜€

  10. Pahawang … saya sih sudah sering
    sering dengerrr .. wkwkwk .. memang kece banged ya .. jadi mupeng …
    mesti ngais2 dulu rezeki ah biar bisa kesana πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s