Keluar Bandung

JOGJA : Sangkring Art Space

MASIH POSTINGAN EDISI JOGJES NIH HEHEHE. Masih banyak stock tulisan Jogjes jadi please stay tune dong! (wkkk kek acara tipi ye)

Tulisan sebelumnya >> Art Jog 2017 dan Mengunjungi Mbah Reso.

Kesempatan lain di hari-hari seru edisi Jogja, saya menyempatkan kesini, Sangkring Art Space. Nama Sangkring diambil dari nama leluhur sang pemilik, yaitu seorang seniman bernama Putu Sutawijaya. Galeri seni ini berdiri sejak tahun 2007. Di tahun yang sama, galeri ini masuk ke jajaran tulisan majalah TIME. Whoo! Berarti ini salah satu galeri keren yang ada di Jogja.

Selayaknya galeri seni lainnya, Sangkring sering pula dijadikan tempat pameran. Kebetulan, pas saya lagi di Jogja, tempat ini lagi mengadakan pameran. ‘Allegory of The Origin” by Willy Himawan. Pameran tersebut berlangsung dua minggu, sejak tanggal 13 Juni – 28 Juni – tentu 2017. Jadi… kalau kalian baca tulisan ini, pameran tersebut udah selesai. Tapi, coba sering-sering mampir instagramnya @sangkringart karena mereka sering ngeinfoin kegiatan acara atau pamerannya.

Jalan-jalan di Sangkring gak cuma berdua sama Anggiet, tapi sama Febri dan Didik yang udah nge-iya-in jalan-jalan hari itu, ditambah ternyata mereka sebagai warga Jogja beloman pernah kesini hahaha. Disusul sama Michael juga tapi doi ndak nampak difoto karena datengnya diakhir pas kita udah selesai keliling-keliling.

Menurut sumber, Sangkring ini punya tiga bagian :

Sangkring Art Space. Area terdepan dari galeri, ruang ini menjadi tempat digelarnya pameran seni rupa mulai dari lukisan, patung dan seni instalasi.

Sangkring Art Project. Ruang alternatif yang mendorong eksperimentasi seniman dari berbagai kelompok paham kesenian, lintas generasi dan disiplin ilmu. Didesain sebagai ruang terbuka yang memungkinkan terciptanya pemikira seni dari berbagai disiplin ilmu.

Bale Banjar. Dibangun sebagai public space menjadi ruang bertemu bagi siapa saja, menjadi ruang dialog pegiat seni yang membuka berbagai kemungkinan eksperimen seni dalam satu ruang yang sama.

Waktu saya mampir sana, tampaknya saya gak ke Art Project deh. Saya cuma masuk ke Art Space dan saya jalan-jalan ke area belakang yang super teduh dan suasananya asri banget, mungkin itu Bale Banjar ya hehehe. Pokoknya, saya suka banget pas masuk ke halaman belakang yang teduh itu, disana bisa duduk-duduk dibawah pohon dan nikmatin suasana sawah. Pas masuk bagian Bale Banjar ini, saya ngerasa lagi di Jogja tapi rasa Bali. Seru!

Anyway, Sangkring ini gak cuma jadi tempat berkesenian aja. Tapi juga sebagai artshopmini library, coffee shop, studio musik, dan homestay yang dapat disewa. Waaaa seru jugak nih! Buat yang mau ke Jogja, mampir sini giiih~

Informasi Sangkring Art Space :

Alamat : Jalan Nitiprayan RT 01/20 no 88 Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55182
Instagram : @sangkringart
Website : sangkringart.com (tapi pas saya cek, sedang suspend hehehe)

Nb : Waktu masuk ke pameran ini, tidak dikenakan biaya alias FREE!

Advertisements

42 thoughts on “JOGJA : Sangkring Art Space

    1. Riset skripsimu juga tajam sekali Feb, ah tenang aja itu mah yang penting tetap semangat dalam ngeblognya yak! Aku pendukungmu dari Bandung.

      Ttd – Fasya si kalem~

      1. Wahahaaaa riset skripsi tajam ya :’) hahahaaaa. Yuhuuuuy makasiiii Mbak Syaaaaak 😀 tetap semangat yooosh.

        Ttd – Febri, si pendiem.

  1. puas di art space, langsung cus coffe shop, enak, ya~
    saya mah baru tau ada nama seni instalasi, macem gimana itu, ya ?

    1. Tapi kemarin gak nemu dimana coffe shop nya, mungkin kalau ada acara pembukaan pameran kali ya. KALI. Hahaha.

      Yang dimaksud seni instalasi mungkin maksudnya ruangan untuk nempatin karya2 yang mo dipamerin. MUNGKIN.

      Aelah ini jawabannya ndak ada yang pasti, maapkeun aku Di wkkk

  2. Wah asyik ke jogja mainnya ketempat2 begini, lain kali kalau agenda ke jogja lagi kayaknya harus ke tempat2 begini deh.
    Biasanya kalau aku ke jogja malah plesir ke tempat2 wisatanya hihi

    Oh jadi lain kali kalau mampir kesana bisa bisa aja, cuma pamerannya belum tentu ada ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s