Keluar Bandung

JOGJA : Situs Warung Boto

MASIH EDISI JOGJA DAN INI BUKAN WARUNG MAKAN. HARAP TENANG~

Kemana lagi Fasy selama di Jogjes? Kesini. Situs Warung Boto – kita singkat aja ya jadi SWB.

Kalau kalian lihat sekilas mungkin langsung kepikiran kok mirip Taman Sari. Hooh, emang mirip dan fungsinya pun hampir sama. Bedanya, SWB tidak terlalu luas dan masih tergolong sepi. Kenapa sepi? Karena tempat ini baru muncul kembali dari tidur berkepanjangannya.

Menurut beberapa artikel yang saya baca, Situs Warung Boto adalah salah satu tempat pesanggrahan yang dimana dulunya berfungsi sebagai tempat yang memberi kenyamanan bagi Sultan, biasanya pesanggrahan ini terdapat kolam pemandian, musola, kebun ataupun tempat beristirahat.

Baru “terlihat” lagi sekarang, dikarenakan dulunya bangunan SWB sudah terbengkalai dan berlumut, ditambah lagi dengan adanya gempa di Jogja tahun 2006, semakin terlihat banyak kerusakan di SWB ini. Nah sejak 2015, Badan Pelestarian Cagar Budaya di Kota Jogja mulai melakukan perbaikan sedikit demi sedikit untuk melestarikan bangunan ini.

Teman-teman bisa baca sedikit penjelasan tentang Situs Warung Boto dan foto-foto dulunya diatas itu ya, klik aja kalau penasaran πŸ™‚

—————————————

Pas sampai di depan SWB, saya sempet bingung karena lokasinya tampak sepi dan pagernya digembok. Tapi setelah nanya dan dikasih petunjuk sama warga sekitar, ternyata masuknya dari area belakang. Saya disuruh ngelewatin salah satu gang yang ada disana.

Setelah sampai, ternyata tidak dipungut biaya untuk tiket masuk. Pengunjung hanya diminta untuk menuliskan identitas di buku tamu saja. Area SWB ini masih banyak yang sedang diperbaiki, beberapa kuli bangunan pun masih bekerja dan mondar mandir saat saya berada disana.

Walaupun areanya tidak seluas Taman Sari, tapi banyak spot foto kece kok disini. Selain itu karena masih sepi dan tidak seramai Taman Sari, jadinya bakalan lebih santai hehehe. Saya saranin sih kesananya jangan terlalu siang soalnya panas menyengat – dan pinternya saya malah dateng sekitar jam 1. AMPON PANAS.

Iya sih siang itu semesta mendukung karena langitnya cantik, tapi kalau panas banget… incess pucing sist~ wkk.

Seandainya, Situs Warung Boto sudah selesai masa perbaikan dan dikelola dengan baik kedepannya, pasti makin banyak yang akan berkunjung kesana. Sekarang aja pas masih proses perbaikan, beberapa orang (termasuk saya) udah curi start untuk dateng dan mengabadikan moment! Gimana kalau udah selesai semua? Bisa jadi salah satu pilihan wisata yang diminati nih! πŸ˜€

Lokasi : Situs Warung Boto
Alamat : Jalan Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Biaya masuk : FREE

Nb : Beberapa artikel tentang Situs Warung Boto, silahkan klik barangkali mau baca sejarahnya lebih lengkap.
Kemdikbud
Wargajogja.net
Tribun Jogja
Teamtouring.netΒ (artikel lama, kalian bisa lihat kondisi Situs Warung Boto sebelum diperbaiki)

Advertisements

11 thoughts on “JOGJA : Situs Warung Boto

  1. Wah.. Jogja memang istimeewa ya kak, mulai dari wisata alam sampai sejarah semuanya ada haha. Masuk daftar list deh buat ku kunjungi besok kalau di jogja😁 rasa rasanya tempatnya cocok lalau buat hunfot gitu, terlebih gratisπŸ˜‚

  2. Wah, udah di Jogja juga nih teh Fasya. Aku baru bisa mampir sini lagi nih πŸ™‚
    Keliling kemana aja selain warung boto teh?

    Oh, ya ini kan tanggal 8 postnya. Sekarang masih di Jogja kah?

    1. Indoor kadang cahayanya juga kurang ntaphs juga ya Lan hihihi. Ingin dong ke Pekanbaru, ingin ke semua kota yang ada di Indo malahan hahaha. Aamiin aja lah ya~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s