Bahas Musik

Figura Renata dan Album Pertama

Figura diambil dari arti figura itu sendiri, bingkai atau frame. Sedangkan Renata berarti objek yang ada di bingkai tersebut. Renata diambil dari nama Maria Renata Hutagalung – seorang model asal Indonesia. Maka, perkenalkanlah group duo folk salah satu yang saya rekomendasikan (lagi) buat kalian semua ; Figura Renata.

Tahun 2015, Figura Renata mulai berdiri dan muncul dipermukaan (permukaan paan nih? wkk). Tahun 2016, mereka mengeluarkan single berjudul Elegi. Tahun 2017, satu album karya mereka mulai rilis dan dikenal dipasaran. Album berjudul Self Titled ini dikerjakan oleh Bima Sinatrya dan Deviasita Putri. Keduanya bisa dikatakan vokalis, dengan tambahan Bima main gitar dan Deviasita kadang main keyboard (bener gak sist?) (SO AKRAB YE MANGGIL SIST!)

figura-renata_20170305_070954
Deviasita – Bima (Figura Renata). Sumber.

Group duo asal Semarang ini bikin saya menikmati karyanya, karena kesederhaannya. Mengeluarkan lirik dari isu-isu sosial adalah andalan Figura Renata. Lagu berjudul Mala misalnya, menceritakan tentang rindu – dari orang-orang yang menjadi korban tsunami Aceh tahun 2004.Β  Lain lagi lagu berjudul Elegi yang paling dihafal orang-orang, lagu ini menceritakan tentang kehidupan manusia yang terlalu banyak di dunia maya – mereka menyebutnya adalah makhluk sosial tanpa sosial. Sadis.

Apa yang unik dari Figura Renata? Karakter suara Bima yang “anjir kirain suara cewek!”. Iya, itu ada dipikiran saya waktu denger Figura Renata. Saya kira ini adalah project akustikan dua cewek. Pas saya nyari foto mereka di medsos, ada foto laki (Bima) – dan saya tetep ngira kalau orang ini cuma bantuin di gitarnya aja. Saya juga tahu video klip mereka ada si laki lagi nyanyi, tapi saya gak ngeh kalau emang beneran dia yang nyanyi hahaha.

GUSTI NU AGUNG.

Dan untuk memuaskan hasrat keyakinan, akhirnya saya nyari live perform Figura Renata. Nah akhirnya saya percaya deh kalau Bima ikutan nyanyi hahaha haha ha. Anaknya susah percayaan nih maap. Btw, karakter kekuatan suara Bima bikin unik Figura Renata sih sebenernya. Bima punya suara mirip cewek kalau nyanyi – tapi kalau ngomong ya kaya suara lakik biasa aja. Aslik keren abis!

Tonton video dibawah ini deh.

Sampai saat ini (Agustus 2017) Figura Renata belum mempunyai album rilisan fisik, tapi lagu-lagunya tetap bisa dinikmati di spotify, joox, itunes, amazon, dll. Kalau ditanya lagu favorit dari Figura Renata, saya akan jawab gak ada.

IYA GAK ADA WONG SEMUANYA ENAK HUEHEHEHE. JADI SAYA SUKA SEMUAH.

Kalau mereka perform di Bandung, saya mau banget nonton! Nyanyiin 8 lagu mereka sambil nikmatin matahari sore. Gakmau malem, maunya sore *maksa*. Anyway, Devia dan Bima ini kelahiran 1996 loh! Jadi kebayang kan mereka sibuk kuliah sambil bikin karya yang berangkat dari isu-isu sosial terus dijadiin lagu. Aduh ketje! Saya dulu waktu kuliah boro-boro angkat isu sosial, ada demo depan kampus aja udah uring-uringan gimana pulangnya HAHAHA.

Nah jadi gimana, suka Figura Renata juga gak? Nonton bareng kuy! πŸ˜€

Info Figura Renata :
– Instagram : @figurarenata
– Soundcloud : figurarenata
– Youtube : Figura Renata

Sumber bacaan :
Qubicle
Djarum Coklat
Mousaik
Tribun Jateng

26 thoughts on “Figura Renata dan Album Pertama

    1. Lah kepencet. Maap-maap.

      Sebenarnya udah tau nama Figura Renata dari lama sih. Cuma sampe saat ini belum tertarik mendengarkannya. Alasannya karena agak aneh sama nama bandnya. Hahahhaa.

      Baiklah mari kita coba dengarkan. Semoga suka. πŸ˜‚

      1. Eh kepencet nih. Buru2 banget mz nya, mo kemana sih? Hahaha. Kalau kamu doyan akustikan, kayanya ini masuk sih tapi yaa balik lagi ke selera deng hehehe. Met dengerin Uda!

  1. namanya aja sudah unik .. terus yang diangkat muncul ke permukaan album -kalimat ga jelas-
    adalah isu isu sosial … terus suara cowonya kayak cewe .. yang penting sih lagunya enak .. wis tho

Leave a Reply

