Bahas Musik

Rangkuman ‘Bahas Musik’ Fasya

AGAK GAK ENAK YA JUDULNYA.

Jadi sebel.

Tapi yaudah, lanjut aja nulisnya ya.

Sebenernya, tulisan kategori “bahas musik” ini udah banyak numpuk di draft, ya dasar ngehe aja jadinya ngendog di draft gak diposting-posting. Maka, daripada numpuk-numpuk padahal bukan cucian, saya mau rangkum beberapa tulisan dan beberapa hal yang berhubungan dengan musik – yang – saya – denger.

Yaiya masa yang kamu denger. Saya tau apa. Kecuali kamu ngasih tau.

1. Batal nonton Angsa dan Serigala

SEDIH TAU GAK! Gak tau ya? Oke. Saya sedih soalnya pengen banget nonton dan udah ngajak beberapa manusia yang saya minta tolongin untuk “temenin ya?” – padahal mereka gak tau bandnya atau biasa aja atau gak ada niatan nonton wkwk. Mereka udah ready sebenernya. Ayo-ayo aja katanya. Saya juga dari tempat kerja udah siap kabur jam 4 sore, walau mereka perform jam 8 malam. Eh tapi tau gaaak 10 menit sebelum jam 4 itu Bandung tiba-tiba H-U-J-A-N.

Yaiya tiba-tiba ya masa ngasih tau dulu.

Terus, saya seumur-umur gak ngerti definisi orang nungguin hujan berhenti, soalnya saya mikir “yaelah hujan kok ditungguin sampai berhenti, tau aja kagak berhentinya kapan” – dan tidaaaaaak kemarin saya masuk kedalam manusia-manusia tersebut. Saya nunggu 3 jam tapi hujan tetep aja turun seolah-olah bilang “next time ya nontonnya!” hiks. Jadi, yaudah, saya batal nonton karena hujannya berhenti jam 8 malam. Nice.

Btw, ada yang dengerin Angsa dan Serigala juga gak?

Angsa dan serigala
Sumber

2. CD Payung Teduh ada di KFC jagonya ayam (padahal yang dijual bukan ayam jago)

KALIAN KAGET GAK SIH? Atau saya aja yang kaget sendirian bareng sama ayam-ayam jago di kfc? Saya bingung ini payung teduh kenapa berteduh di kfc, kenapa gak berteduh ditempat lain aja? Oh ya mungkin dengan berteduh di kfc akan lebih memudahkan pembelian CD payung teduh yang fans nya udah buanyak banget itu sampai anak kicil aja nyanyiin lagu akad.

Pada minta dinikahin besok dek?

Enak aja.

Kakak dulu!

Selain kaget, saya juga jadi nge-unfollow akun instagram mereka. Kata temen saya “kecewa sampai segitunya” – ih padahal bukannya gitu, waktu itu alasan saya follow kan untuk update gigs dan albumnya. Nah sekarang rasanya saya udah gak butuh informasi itu, jadi kenapa harus tetep follow? Karena gak ada alasan untuk tetap follow, ya akhirnya saya unfollow. Gitu aja sih.

Lagian payung teduh kehilangan satu follower doang gak ngaruh atuhlah, emang kalian.

payung teduh
Sumber

3. Baru dengerin Afternoon Talk

Ini band lama, cuma kuping saya aja yang baru denger dan baru suka. Ya walaupun gak semua lagunya suka sih, baru beberapa aja. Afternoon Talk ini punya genre pop/folk akustik dan beranggotakan tiga orang, Sofia Sekar Arum, Harsya Wahyu, dan Ridwan Ayubi. Dari artikel yang saya baca, ternyata band asal Lampung yang berdiri sejak tahun 2011 ini sempat masuk ke anniversary issue di Majalah Nylon Indonesia. Gak cuma itu, mereka juga tour ke pulau Jawa dengan mengunjungi 5 kota, 6 gigs, selama 7 hari. Untuk artikel lengkap dan yang masih mau kepo, coba cek artikel ini.

Walaupun band lama, saya gak banyak nemu artikel terbaru dari mereka, kebanyakan artikelnya muncul di tahun 2012 dan 2013 saat mereka sedang jaya-jayanya. Sekarang, saya gak tahu. Tapi kalau lihat isi instagramnya, mereka beberapa kali tetap manggung sih. Untuk kepoin mereka cek akun dibawah ya.

Instagram : @afternoontalk
Soundcloud : Afternoon Talk

Biografi Afternoon Talk
Afternoon Talk – sumber

4. Nangis nonton video Ananda Badudu *cengeng*

Jadi, berkat seorang teman yang meretweet salah satu akun di twitter, sampailah saya di yucub yang menyuguhkan sebuah video. Saya tontonlah. Oh ternyata itu video tentang penjelasan Ananda Badudu kenapa dia gak pernah menyanyikan live lagu Banda Neira yang berjudul “Sampai Jadi Debu”. Penjelasan yang cukup sedih sih, tapi yaudah gitu kan saya gak gimana-gimana.

Eh ternyata ada upload-an video lain… setelah ngasih penjelasan dan cerita, Ananda Badudu pertama kalinya menyanyikan lagu Sampai Jadi Debu! Pertama kalinya banget setelah lagu tersebut direkam. Kali ini, Ananda Badudu menyanyikan bersama Monita Tahalea di konser Gardika Gigih. Setelah saya tonton, nangislah saya karena suara bergetar dari Ananda. Kaya ada perasaan gak sanggup nyanyi tapi harus. Dan yaa walau ada yang komen kalau mereka tampak canggung di panggung, saya rasa itu bukan canggung (kali ya) tapi menjaga supaya lagu ini tetap bisa masuk ke hati dan itulah cara mereka. Apalagi tatapan mata Monita ke Ananda seolah-olah bilang : it’s oke, saya disini.

Anjir. Ngarang. Btw, videonya nih dibawah.

5. Nonton 420 untuk pertama kalinya

Yeay setelah sekian lama, akhirnya kesampaian juga nonton 420 (fourtwnty). Selama ini saya gak pernah berani nonton karena setiap lihat update-an di instagram mereka, itu yang nonton 80% cowok-cowok semua ya ampooon! Oo tapi itu dulu. Semenjak mereka hits dengan lagu “zona nyaman” yang menjadi salah satu soundtrack film, mulailah jajaran cewek-cewek mengenal 420. Terlebih lagi, panggung 420 gak lagi mini stage seperti video-video yang saya lihat dulu. Sekarang mereka udah menduduki panggung luas dengan penonton seabreg!

Ya walaupun, saya lebih suka mini stage gitu sih. Hehe.

Ah tapi gakpapa, walau sekarang nontonnya dengan panggung yang buesar dan desek-desek-an sama penonton lain, saya cukup senang sih. Beruntungnya lagi, kemarin ada teman-teman yang mau menemani nonton. Soalnya… buat saya, perkara nonton musik ini agak-agak sulit. Kenapa coba? Tebak aja sendiri hahaha.

420
420 – sumber

***

Oke, segitu dulu aja cerita tentang rangkuman saya dan musik beberapa waktu ini. Sebenernya masih ada cerita lain-lainnya sih, ah tapi lima aja cukup ya biar gak kepanjangan. Btw, kalian gimana punya cerita apa tentang musik akhir-akhir ini? Atau lagi suka lagu apa? Atau ada yang suka band-band diatas juga gak? Toss dulu sini sambil ngopi (gimana?)

Advertisements

46 thoughts on “Rangkuman ‘Bahas Musik’ Fasya

  1. Waaa Afternoon Talk pada masanya pernah jadi ringtone hapeku, yang judulnya love letter. Sama jadi backsound video ala ala yang aku bikin buat mas patjar lho Syaaa hihi 😝 tapi ga mengikuti perkembangan mereka lagi sih sekarang

  2. Panutanku indie sekali. :)))
    Btw afternoon talk itu yang lagunya minta jajan itu kan ya?
    Btw lagi, Payung Teduh mending stop sampe di sini aja sih. Jangan dipaksain, ntar kaya ST12, ditinggal Charly, karirnya tidak terdengar lagi. Mending mengakhiri dengan indah kaya Banda Neira

  3. belakangan ini gue gak dengerin banyak musisi lokal, apalagi indie. entah kenapa kurang tertarik, too much hype on ’em, i guess. terakhir nonton barasuara sama sheila on 7, itupun gue udah lupa bulan kapan. kebanyakan download dan streaming youtube emang, all hail cheap bastard! lol.

    yang gue sesali tahun ini adalah; kelewatan info jadi kagak nonton cigsaftersex dan fazerdaze live di jakarta beberapa bulan kemaren. asli, nyesel pisan eta. sisi positifnya; tahun ini tuh era kebangkitan hiphop lokal, CDs rilisan grimloc records misalnya, laku keras euy, salut.

      1. 😁 gapapa Fas, mungkin aja selain lo ada yang selera musiknya samaan terus nggak sengaja baca komen gue, semoga paham, hehehe.

  4. Saya jarang update perkembangan musik. Nggak tahu kenapa kok tiba2 nggak punya feel sama sekali ketika dengerin musik. Padahal dulu saya suka dengerin musik.

    Yang paling seneng sih band d cinnamons doang. Dah lagunya diputar terus sampai bosan ha ha ha…. πŸ˜€

  5. Waduh aku kudu digauli musik indie gini caranya mah, tau payung teduh doang dong!. Perkembangan musrik juga cuma “sayang opo kowe kerungu jerite atiku…” itu weh terus dimana-mana sampe kuping jebew d(-__-)b

      1. Hahaha iya aku udah nulis reality club, senar senja juga udah aku tulis tahun lalu. Tapi aku jadi b aja sama senar senja semenjak mas Adit keluar. Hahaha

  6. Aku iriiii banget Fasya, di Bandung sering ada perform band indie bandung. Yaiyalah yah. Saking jarangnya mereka main ke Makassar, aku sampai rela hujan2an demi nonton Danilla kemaren hahaha.

  7. Telat banget komennya, hahaha sama telatnya dengan saya yang baru suka Danilla. Batur geus ka mana… Hahaha, oiya beberapa Minggu yang lalu ku ke soft launchingnya 372 kopi yang di Dago Pakar, cabang dari 372 yang di Jalan Dago. Nggak sengaja nonton Sky Sucahyo sama Sandrayati Fay… Enakkeun anjiisss, terus aku ngelamun dong, kalo Danilla sama Rara Sekar datang juga.

    1. Aku sama Danilla b aja sih, gak semua lagunya suka hehehe tapi kemarin sempet nonton dan bodor doi teh wkwk (deuh asa akrab). Di 372 yang dago juga suka adain musik2 gitu ya, tapi aku lom pernah nonton sih hahaha. Btw, awas ah jangan sering2 ngelamun πŸ˜›

  8. Sampai jadi debu badudu. Lucu ya kalo digabung gitu. *dikeplak
    Daan kayaknya emang beberapa waktu lalu Payung Teduh udah sempet ngasih tahu dejh kalo mereka bakal nyebarin lewat kaepci.

    Kalo yang lain aku ndak tahu hehehe. \:p/

  9. Haduh…. kenapa baru sekarang dipertemukan dengan Afternoon Talk. Ke mana aja dari kemarin huhu. Makasih banyak kak atas postingannya! Emang selera musiknya juara!

    Btw kalau tos sambil ngopi ntar kopinya tumpah :((

  10. Fourtwenty selalu keren sih tiap nonton live mereka. Kalau yang Ananda cuma nonton di yutup, sedih 😦

  11. Angsa dan Serigala baru denger 1 apa 2 lagu waktu itu. Belum sreg, jadi tidak mencari tahu lebih banyak. Afternoon Talk juga kayaknya pernah denger sekali. Saya belum merasa cocok untuk dengerinnya. Halah.

    Saya sudah nonton kalau yang Ananda Badudu itu. Bahkan, saya baca tulisan di Tumblr Banda Neira yang tentang lagu “Sampai Jadi Debu” dan air mata tiba-tiba menetes. Wqwq. Saya jadi tahu kenapa Nanda gugup kalau tampil atau ngomong di depan orang, sebab dia lebih nyaman menyampaikan lewat tulisan, dst.

    1. Gakpapa kalau gak cocok, jangan dipaksain yakan nanti tetep gakan masuk soalnya hahaha. Iya di video itu juga dia sebelum nyanyi sempet cerita tentang lagu itu, sedih dia pun terbata2 gitu ceritanya. Hiks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s