Cuma Opini · Obrolin Monthly Challenge

Manfaat Ngeblog versi Fasya

20180427_223931_0001

Hari ini kerjaan lagi super santai, like a boss, padahal…MANA ADA BOS SANTAI-SANTAI WOY ELAH SUKA NGARANG AJA. Lalu kemudian, pas lagi blogwalking, saya menemukan kalimat:

“Apa manfaat terbesar ngeblog yang sudah dirasakan?”

Napa ih kepo. Dalem hati. Tapi padahal diem-diem, dijawab juga lewat tulisan. Wkwk simak nih ya manfaat ngeblog versi Fasya – yaiya masa versi kamu.

—————————

20180427_225029_0001

Menyembuhkan diri sendiri,

Dari setiap kata-kata yang dirasa, dari setiap pikiran yang gak sempat diutarakan secara lisan, dari setiap masa yang kadang disimpan untuk tidak terlupa, dari apa-apa yang sekiranya harus dituliskan dan dibagikan.

Untuk sembuh tidak melulu harus sakit atau terjatuh.

Untuk tetap stabil tidak melulu harus ada goncangan.

Hidup saya selama ini banyak dikasih hal-hal baik sama Tuhan, juga hal-hal seru. Misalnya, Tuhan kasih saya ide nulis puisi-puisi pendek, juga dikasih ide buat bikin blog jalanhorebandung.com supaya muncul di dunia ini dan dijalankan bareng teman-teman. Atau, Tuhan kasih saya ide untuk mau mengutarakan beberapa opini atau beberapa perihal musik yang disuka. Wagelaseh, kalau saya jelasin mah, saya cuma bisa bilang “gak ada alasan di hidup saya buat gak nulis” – ya kecuali semisal sibuk-sibuk gak jelas ya hahaha.

Saya sering bilang “saya butuh nulis” makanya sampai saat ini saya masih ngeblog.

Ya padahal mah, apaan sih nulis blog doang ya helloooo~ tapi saya teringat ucapan Kak Aryanna, seorang yang saya kenal dari dunia instagram dan membawa pertemuan di dunia nyata. Kak Aryanna bilang “gak ada yang sekedar doang dari mengerjakan sesuatu yang baik”. Dan wooow saya bukan merasa didukung, tapi merasa dirangkul bahwa hal baik di dunia ini bisa berupa apa saja, manusia ada banyak begitupun dengan jalan pikir dan hidupnya, maka lakukanlah selagi mampu – selagi baik – selagi hidup!

Manfaat yang dirasa setiap blogger mungkin aja beda-beda.

Tapi percayalah ada sama-sama secuil rasa suka dari ngeblog.

6 tahun ngeblog, saya rasa kebutuhan menyembuhkan diri jadi salah satu manfaat yang terbesar. Ada rasa plong ketika tulisan sudah dipublish. Seperti menyimpan memori di sebuah ruangan, yang dimana sewaktu-waktu saya bisa mampir lagi. Untuk dibaca, dirapihkan, atau dibagikan (kembali). Tapi di luar itu, tentu banyak manfaat lainnya yang bikin saya bersyukur dari ngeblog.

20180427_225228_0001

Pertemanan, misalnya.

Paan ya klise.

Tapi bener deh, sebaik-baiknya tulisan kita, sebagus-bagusnya isi blog kita, tentu kunjungan teman blog ataupun pertemanan di luar ngeblog itu yang bikin jadi seru. Syukurnya saya punya teman-teman blog yang bisa diajak berteman baik di dunia nyata. Ngerti dong, kalau sekedar berteman mah kamu sama banyak orang juga bisa jadi teman. Tapi, berteman di dunia nyata secara baik dan personal, itu salah satu yang luar biasa. Setidaknya buat saya.

Dulu nih, saya mesti ke Jakarta, saya ngerasa tenang gitu disana banyak teman blog, incess jadi tidak khawatir HAHA (( incess )). Begitupun sebaliknya, ketika mereka ke Bandung, saya sebisa mungkin nemuin mereka. Gak cuma tentang Jakarta sih, waktu saya ke Jogja, ketemu teman blog di sana dan saat mereka berkesempatan ke Bandung, saya pun jadi ketemu mereka.

Hubungan timbal balik antar kota ini, diawali hanya dengan ; menulis blog.

Wadidaw! Baik kan Tuhan ini ngasih teman darimana aja.

Gak cuma itu, dari blog ini saya dipertemukan sama orang-orang keren juga. Dari ketidaksengajaan pencarian di google atau di instagram. Nah, perkenalan-perkenalan begini yang membawa kita ke pertemanan, silaturahmi, bahkan rezeki lainnya. Asik gak tuh, rezeki pertemanan dapet, rezeki lainnya (duit, liburan, pengalaman) dapet juga. GIMANA GAK CINTA COBA SAMA BLOG YANG MAHA MENYENANGKAN INI.

Ya sudah, mungkin segitu dulu cerita tentang kehidupan ngeblog-nya saya, yang kali ini mendadak harus melihat sisi manfaat terbesar.

Susah memang. Sesuatu yang “paling” atau “ter” adalah jawaban yang sulit sebenarnya. Dikarenakan, harus memilah memilih yang mana yang di peringkat atas atau bawah, dan itu tuh sewaktu-waktu bisa berubah gituloh. Ya namanya juga manusia hehe. Btw, selama ini udah dapet apa aja dari ngeblog? Bermanfaat gak menurutmu? Tulis di kolom komentar ya!

———————————–

Nb : Tulisan ini disertakan untuk mengikuti GA dari Obrolin. Untuk informasi GA nya, silahkan klik disini ya. Soalnya komunitas Obrolin lagi anniv ke-1. Kalau kita kapan anniv?

Advertisements

48 thoughts on “Manfaat Ngeblog versi Fasya

  1. Yang udah aku dapet dari blog? Duit lah!

    Gak deng. Sama sih menurutku, lewat blog bisa dapet koneksi ke berbagai daerah di Indonesia ini. Jadinya ya merasa punya banyak temen yang bisa “direpotin” kalau suatu saat mampir ke daerahnya. Gitu. Ya?

    Soal dapet duit dari ngeblog ya juga gak jauh-jauh dari koneksi pertemanan sesama blogger. Itu bonus sih. Tapi terkadang bonusnya malah bikin lalai. Anjay curhat.

  2. Passs..

    Kita sama mbak.. manfaat pertama dari ngeblog ya ada rasa lega di hati setelah semuanya berhasil di curahkan.. apalagi yg like dan komen.. luar biasa senangnya.. 😁

  3. Benar mba Fasya, tak ada yang bisa dibilang doang kalau yang kita lakukan itu bermanfaat

    dan …..sy juga merasakan plong ….. setiap habis posting tulisan

    ok semangat nulis terus ya mbak? oh ya kita sdh kenal belum ya ? hehe… salam kenal kalau belum

  4. Incess πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Berjuta memang manfaatnya. Pertemanan pun juga jadi ketemu yang macam2 jenisnya. Perjodohan dari blog mungkin? Wadidaw!

  5. For me, blog is more than the social media we’ve seen right now. While social media is just the platform where we can share an image to describe what we’ve achieved, what we’ve accomplished, or earned. Blog is more than just to show the result we’ve done on something. Blog can tell the process we took, the journey we passed and absolutely we can tell anything. Not limited on how many words we can type, how many images we can share or video we wanna upload.

    So, for me, blog has tons of advantages. Can it is the platform we can share anything, express everything without any border.

    — habis ini ada netizen comment : sok inggris lu. hahaha

  6. Menyembuhkan diri ini personal banget, ya? Hahaha. Terus kalo pertemanan, alhamdulillah blog memang membuka relasi. Bahkan, saya jadi lebih sering mainnya sama temen blog.

    Duh, tapi kalau selain itu apa ya? Pacar? Kayaknya nggak manfaat-manfaat banget dapet pacar dari blog. Gagal pula. Duit? Nggak pernah betul-betul meniatkan blog untuk cari duit.

    Tulisannya bisa menghibur atau jadi renungan untuk orang lain? Hm, pernah ada orang yang berterima kasih lewat email kalau tulisan saya berguna baginya. Padahal saya sendiri nggak terlalu yakin tulisan saya itu sebaik yang ia puji.

    Tapi tetep terapi jiwa yang nomor satu, sih. Meskipun personal banget, ya proses menulis pun memang sendirian, kan. Manfaatnya juga lebih banyak untuk diri sendiri ketimbang orang lain. Ehe. πŸ™‚

    1. (( gak manfaat2 banget dapet pacar dari blog ))

      Hahahaha tapi kan mantannya blogerrrr 😁 gpp gagal juga yang penting Yoga sudah mencoba wkwk.

      Menyembuhkan diri atau terapi sebenernya intinya sama2 aja sih ya, ada bagian dari jiwa yang lebih tenang karena udah nulis. Gpp lah manfaatnya lebih banyak buat diri sendiri juga, kata temenku : menulislah walau untuk diri sendiri.

      Jadi, tetaplah~ seperti itu~

  7. Setuju banget, Nice.

    Saya juga gitu mbak, gara-gara ngeblog alhamdulillah jaringan silaturahmi jadi banyak. Kalau main ke suatu daerah pasti nyari temen blogger dulu. Apalagi kalau dapat hari pas ngumpul bareng blogger daerah, wih rasanya seru abis deh.

  8. tiap orang beda2 ya tujuan ngeblog-nya … Menyembuhkan diri sendiri .. bagus banget … dan mulia .. eh juga hemat .. ngga perlu keluar uang untuk ke dokter dan belli obat .. haha

    1. Hahaha atuh kang itu ada penjelasannya menyembuhkan diri dari apa wkwkwkwk. Kalau sakit ya tetep ke dokter sih, biar kepake BPJS nya hahahahahahaha πŸ˜›

  9. Ah kak fasyaa, rasanya udah lama banget gak main kesini. Dan kayaknya di blog kak fasya ini, ga pernah aku komen pendek ya.

    bentar. Izinkan saya ngetik panjang. Hahahaha

    Well setelah aku bolak balik ganti genre -rasanya- selama nulis blog, aku jadi tau apa yang aku mau wkwk. Aku nulis tuh , kayak nyari jati diri *HALAH HALAHHHHH*

    Pernah juga sih waktu event kenalan sama mba mba EO nya, terus dia nanya “Selama jadi blogger, manfaat dan pencapaian apa yang sudah kamu dapet?”
    Deg.. aku jg gatau aku udah dapet apa, aku udah ngapain aja. Wkwkwkw dlunya ga mikir bakalan dapet apa apa dari blog. Karena suka nulis aja.

    Dulu aku suka jalan jalan, tiap jalan jalan di tulis di blog.
    Tapi kalo ga jalan jalan, rasanya kurang. Tapi lama lama aku terlalu maksa juga buat jalan padahal waktu sama dana gak memungkinkan. Wkwkwkw
    Ga boleh cuti.
    Masih harus bayar kuliah.

    And then. Aku mikir dong. Masa gitu doang berhenti.

    Coba lagi coba lagi

    Kembali ke sesi curhat curhat. (Dulu pernah curhat setelah putus gitu, eaa tapi kok aku alay banget wkwk sebisa mungkin curhat yang begini aku hindarin sekarang).
    Enaknya curhat di blog tuh, kita bakalan nulis sebagai diri sendiri.
    Katanya sih katanya, pembaca jadi bisa lebih dekat sama kita *eaaa

    Tapi aku mikir lagi.
    Apa ya… curhat mulu masa. Wkwkw
    Pernah coba review film, wah aku ga ahli dalam mengingat nama pemain dan alur cerita Wkwkw.
    pernah nonton film terus nyeletuk “WAAAH BAGUUUUS” besoknya pas mau review di blog . Dah lupa tuh mau nulis apa. Ga kayak ica di blog pelacur kata yang akhirnya nemu style nulis review filmnya lalu asik dibaca haha.

    Tapi enaknya sih pas curhat gitu, temen seperjuangan curhatan jadi banyak wkwkw.
    dan ya..
    lagi lagi, aku nyoba review buku.
    Gileeeeeeee……
    sekali doang setahun baca buku, padahal niatnya tiap bulan mau review. Waduh wacana lagi wkwkwkw

    Sampe sekarang aku nulis review2 produk itu lah. Ini paling fleksibel buat ku. Di bilang beauty blogger ya engga sih, masih belum gitu wkwkw.
    Itu awalnya gara gara liat produk w di kamar ternyata BANYAK BANGET. Ya bisa lah dijadiin bahan. Dampak negatifnya memang, rata rata temen yang dulu suka komen di curhatan pada ngilang. Dan pertemanan yang terjalin ga sedashyat waktu nulis curhat.

    Lha ya gimana, masa cowo komen di posting bedak?
    Wkwkwkw

    Tapi gamasalah, kalau soal temen aku masih stay in touch di social media..

    Dan……………
    aku pengen ketemu kak fasya suatu saat nanti !

    1. DEMI APA IH INI KOMEN TERPANJANG YANG PERNAH AKU TEMUI DAN BACA YA ALLAH AKU PENGEN KETAWA DOLO NEH MAAP HAHAHAHAHAHHA.

      Leli si anak cantik apa kabarnyaaa? Dulu tuh rajin mampir2 blog soalnya belum ketemu di sosmed, eh sekarang udah ketemu di sosmed malah jadi pada jarang komen2an di blog. Ya gak sih? Gak ya? Hahaha.

      Buatku kamu beauty blogger doooongs! Nanti aku mampir yah, barangkali bisa komen panjang macem kamu yekaaan. Aku juga awal ngeblog nulis puisi2 dan curhatan gitu, terus ya seiring berjalannya waktu jadi nemu yang sekiranya bisa aku bagikan di blog. Akhirnya nulis musik2, opini2, jalan2 bdg, dan masih ada curhat atau cerita juga.

      Tapi sekarang dirapiin, puisi pindah ke tumblr, jalan2 bdg pindah ke blog jalanhorebandung.com, nah udah deh jadi blog ini benar2 personal yang bisa dibaca sama aku dan juga siapapun.

      Demikian sekilas info wkwkwkwk πŸ˜›

      OIYA KAPAN DONG KETEMUUUUU~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s