Bahas Musik

Single Baru Mr. Sonjaya – Cukuplah

SEBENTAR.

Kalian udah baca tulisan saya tentang Mr. Sonjaya belum? Nah, boleh nih dibaca dulu di halaman ini dan juga ini. Hooh, sempet nulis dua artikel, soalnya Mr. Sonjaya salah satu band kesayangan gitcu 😛 Walaupun itu tulisan lama, tapi cukup mewakili dan mengenalkan ke kalian siapa dan apa itu Mr. Sonjaya hehehe.

Jadi maksudnya saya gak perlu jelasin rinci lagi gituloh wkwk.

Sehubungan dengan akan adanya album baru mereka di tahun ini, Mr. Sonjaya merilis single baru setelah single berjudul “Gita” beberapa waktu lalu. Judul single yang sekarang adalah “Cukuplah”.

“Cukuplah” release tanggal 4 Mei 2018 dan sudah bisa didengar dan dilihat, dari video clip di youtube ataupun spotify. Kesan saat pertama kali dengerin “Cukuplah” saya merasakan rasa sedih tanpa ingin diumbar. Kaya pengen dibiar aja gitu rasanya. Lagunya memang cukup pelan, tapi liriknya punya arti yang dalam.

Aku terlahir dari kesepian
Rahim yang suci berwujud pasungan
Disaat sang cinta kalah
 
Terasing antara tangis dan tawa
Jelajahi ruang yang tak biasa
Disaat sang cinta resah
 
Cukuplah bayang memelukku
Cukuplah bayang mengikutiku
Cukuplah tenang merangkulku
Cukuplah tenang menjadi rinduku

Dengan video berlatar hitam putih ini, “Cukuplah” memang menunjukkan sisi kesedihan dan mendayu, tapi lagu ini bukan untuk merayakan kesedihan dan nestapa. Lagu ini justru untuk menunjukan bahwa ketika kita bisa memahami diri sendiri, memahami kepergian dan kehilangan adalah satu bagian dari kehidupan – yang harus diterima, dihadapi dan dijalani. Tentu, dengan keyakinan bahwa cinta itu selalu hidup dan abadi dalam hati.

Ngomong-ngomong tentang cinta dan abadi. “Cukuplah” sebenarnya dikisahkan dengan kekuatan cinta abadi dari sosok ibu – yang meski tak selalu hadir nyata dan ada, tapi selalu menjadi kekuatan yang selalu hadir dalam titah-titah lembut imajinasi kepala. Lagu ini ada tentang kehilangan yang bisa terjadi pada siapa saja, kemunduran mental yang terjadi ketika merasa kalah.

Apa yang dimaksud kemunduran mental ini?

Kakak vokalis, Dimas Wijaksana bilang :

“Kesehatan mental di masa seperti sekarang adalah sesuatu yang serius karena kurangnya empati. Contoh kecil, kita bisa menemukan di kolom-kolom komentar di sosial media, dengan mudah orang bisa memaki dan marah tanpa alasan yang jelas. Itu kan berbahaya. Padahal semua orang punya kesulitan dan problema masing-masing dan tidak semua punya solusi yang sama.”

“Mr. Sonjaya mewakili keresahan ini melalui medium lagu folk yang secara lirik punya kekuatan untuk mengungkapkan suara hati banyak orang. Untuk bisa bilang bahwa kita punya rasa dan empati juga hal positif yang lebih baik dibagi daripada kemarahan dan kebencian,”

Mr.Sonjaya Photo Profile

Dari penangkapan saya, lagu ini seperti berbicara pelan pada masa lalu. Dimana semua orang punya kehidupan masing-masing, punya rasa yang tidak perlu diperlihatkan oleh khalayak ramai, dan tetap dikuatkan dengan “sosok” yang berpengaruh pada hidup kita. Mungkin lagu ini diberi kekuatan abadi dari seorang ibu, dan tentu saja di dalam kehidupan nyata kita semua punya kekuatan yang sama tapi dari seseorang / hal yang berbeda.

Ya, benar atau tidaknya tentang pemaknaan tersebut, saya sendiri mengapresiasi Mr. Sonjaya untuk lagu Cukuplah ini. Pertama, karena musik mendayunya – beda banget sama lagu-lagu sebelumnya yang terkesan ceria walau dibawa akustik. Kedua, karena lagu ini bisa mewakilkan banyak orang yang pengen bilang “stop” atau “cukup” dalam beberapa hal untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain.

——————-

Sepanjang menulis ini, saya dengerin lagunya diulang-ulang. Nah terus kenapa tulisan saya jadi serius banget ya ampon. Ehem, lagunya bisa kalian dengerin di spotify ya btw,  tinggal search aja elah gampang banget. Atau klik video diatas juga boleh biar sambil baca tulisan ini, sambil dengerin juga.

Info Mr. Sonjaya :
Instagram : @mrsonjaya.official
Twitter : @mrsonjaya
Youtube : Mr. Sonjaya TV 

Nb : Wahai kakak-kakak Mr. Sonjaya, JADI KAPAN RELEASE FULL ALBUMNYA? NANTI KIRIM KE RUMAH YA. MAKACI ❤

Advertisements

2 thoughts on “Single Baru Mr. Sonjaya – Cukuplah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s